Obrak Abrik

Tujuh Rekomendasi Akun Instagram Untuk Kamu yang Suka Sejarah dan Arkeologi

Halo, Teman cerita. Sebagian dari kita pasti suka banget ngomongin topik tentang masa lalu. Entah itu sejarah, arkeologi, kenangan masa lalu, atau tentang mantan, hehehe. Kali ini kami akan kasih tujuh rekomendasi akun instagram untuk kamu yang suka sejarah dan arkeologi. Check these out!

1. Indo_archaeology

Pertama ada @indo_archaeology. Walaupun ini punya teman kami, tapi kami merekomendasikannya bukan karena “teman” ya. Indo_archaeology ini dikembangkan oleh sekelompok lulusan arkeologi yang handal di bidangnya masing-masing. Konten yang disajikan punya visual yang menarik dan riset yang mendalam. Kalo kamu follow akun ini, dijamin akan menambah khasanah pengetahuan tentang arkeologi di Indonesia.

2. London.mudlark

Kedua ada @london.mudlark. Dari Indonesia, kita loncat ke Inggris. Di sana ada sebuah komunitas yang gemar mencari artefak di sungai-sungai London loh! Dalam perburuannya, mereka sering kali menemukan berbagai artefak mulai dari pecahan keramik, koin, arca, peralatan sehari-hari, dan masih banyak lagi. Menariknya, mereka bukan hanya memposting temuan mereka di instagram, tapi juga menceritakan mengenai apa benda tersebut dan cerita saat benda-benda tersebut digunakan.

3. Nederlands_indie

Ketiga ada @nederlands_indie. Nah, kalo kamu suka foto-foto tempo dulu coba deh follow akun ini. @nederlands_indie menyajikan foto-foto masa kolonial di Indonesia. Menariknya, kita bisa melihat perspektif yang berbeda, karena akun ini dikelola oleh orang Indo-Belanda. Akun @nederlands_indie ini membahas beberapa tema seperti pembangunan, profil tokoh atau sebuah kelompok, militer, transportasi, dan lain-lain. Kalo kamu tertarik dengan topik-topik tersebut, langsung aja difollow.

4. Videosejarah

Keempat ada @videosejarah. Nah, kalo ini kontennya video-video masa lalu yang kalo kata anak sekarang mah vintage banget. Video-video yang disajikan @videosejarah sangat beragam, mulai dari video zaman kolonial, orde lama, orde baru, atau peristiwa penting yang terjadi di Indonesia dan Dunia. Kamu yang suka videografi juga boleh banget follow karena video yang diunggah punya tone khas video lama dan ada efek-efek khas dari video yang diambil pakai kamera film.

5. Potolawas

Kelima ada @potolawas. Nah, buat yang suka nostalgia akun ini cocok banget buat kamu. Poto lawas punya konten foto-foto lama yang bisa buat kita membayangkan bagaimana kalo kita hidup di zaman tersebut, atau sekedar mengingat-ingat masa lalu. Foto-foto yang diposting potolawas sangat beragam. Mulai dari foto portrait, human interest, cityscape, foto militer, sampai foto mas Nicholas Saputra zaman SMA juga ada.

6. Tentang.silam

Keenam ada @tentangsilam. Kalo ini adalah akun dari sebuah podcast sejarah yang dibawakan dengan cara yang populer. Walaupun dibawakan dengan cara yang santai tapi risetnya tetap dalam, loh! Konten yang hadir di instagram sangat beragam. Tema yang diangkat seputar peristiwa besar yang terjadi di Indonesia dan dunia, olahraga, dunia hiburan, sampai profil tokoh. Kalo kamu mau konten yang lebih dalam lagi, coba deh dengarkan podcast mereka

7. Skalacerita

Ketujuh ada instagram kami sendiri, xixixi. Konten instagram skalacerita berisi kutipan dari artikel yang dimuat dalam website. Tema yang diangkat sangat beragam mulai dari budaya, profil tokoh atau masyarakat, sejarah, arkeologi, museum, dan masih banyak lagi. Kalo kamu tertarik dengan konten yang ada di instagram, bisa langsung membacanya di website loh. Kalo mau jadi kontributor juga boleh, chat mimin yaa.

Yak, itu dia tujuh rekomendasi akun instagram yang dapat menambah khasanah pengetahuan sejarah dan arkeologi kamu. Selain tujuh akun tadi, sebetulnya masih banyak akun yang terus mencoba mempopulerkan sejarah dan arkeologi. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang terus mengingat sejarahnya. Kalo kamu punya rekomendasi akun lain boleh ya hubungi kita. Sampai jumpa di artikel rekomendasi berikutnya!

Baca juga: Tujuh Podcast Tentang Sejarah yang Harus Kamu Dengerin!

Danang Aryo

Suka fotografi dan jalan-jalan. Danang juga tertarik dalam dunia digital, seni, sejarah, dan budaya. Ia pernah beberapa kali terlibat dalam pengembangan museum di Indonesia.

Gimana nih komentarnya?

Artikel Terbaru

Cerita Vespa di Indonesia

“Tak habis dimakan waktu”, begitulah kira-kira kalimat yang pas untuk menggambarkan cerita dari skuter pabrikan Piaggio asal Italia, Vespa. Mulanya… Baca Selengkapnya

1 minggu Lalu

Contoh Kerajinan Non Benda dan Pengertiannya

Kerajinan non benda merupakan hasil karya seni yang tidak berupa benda sehingga bentuk kerajinan ini hanya bisa dirasakan dan tidak… Baca Selengkapnya

1 bulan Lalu