Budaya

Alasan Mengapa Kita Harus Melestarikan Budaya Bangsa

Teman cerita, pernahkah terlintas di benak kalian mengenai pertanyaan mengapa kita harus melestarikan budaya bangsa? Sebelum menjawab pertanyaan ini, ada baiknya kita perlu membahas apa itu budaya bangsa. 

Budaya bangsa merupakan suatu adat istiadat, norma, nilai, tatanan dan sebuah sistem yang merupakan hasil karya anak bangsa. Hasil karya anak bangsa ini secara turun temurun dijalankan sebagai bagian dari tradisi masyarakat. Ada beberapa aspek yang sekaligus menjadi alasan mengapa kita harus melestarikan budaya bangsa, dan pada kesempatan kali ini skalacerita akan membahasnya untuk kalian.

Alasan Mengapa Kita Harus Melestarikan Budaya Bangsa

1. Sebagai jati diri bangsa

Mengenali jati diri merupakan sebuah langkah awal terbaik untuk menyusun rencana yang akan dibuat untuk waktu yang akan datang. Tidak hanya manusia sebagai individu saja yang penting dalam mengenali jati diri yang dimiliki, melainkan suatu bangsa juga memiliki jati diri yang tak boleh hilang atau luntur oleh sebab apapun.

Jati diri suatu bangsa ini yang akan menjadi sebuah ciri, karakter dan identitas bagi negara tersebut. Hal ini juga yang menjadikannya pembeda dengan negara atau bangsa lainnya. Indonesia memiliki jati dirinya yang tidak mudah ditiru oleh bangsa lain dan sudah menjadi bagian dari identitas negara kita.

12 pola batik Sogan dari Yogyakarta (sumber: KITLV)

Jati diri negara Indonesia di antaranya seperti batik, wayang, tempe, tarian tradisional, lagu dan musik daerah. Semua itu merupakan jati diri bangsa yang harus selalu dieksplorasi dan harus senantiasa dilestarikan dari waktu ke waktu. Tanpa memiliki jati diri dan mempertahankan jati diri sebagai identitas bangsa tentu budaya negara akan hilang.

2. Bagian dari prinsip negara

Pancasila (sumber: Wikimedia Commons)

Selain manusia yang sudah memiliki suatu prinsip dalam hidup, sebuah negara atau bangsa juga memiliki prinsip. Semua prinsip tersebut terdapat juga pada ajaran nenek moyang bangsa Indonesia bahkan telah sejak lama sebelum kerajaan yang ada di tanah Nusantara bermunculan.

Prinsip tersebut dapat kita lihat pada budaya dan tradisi yang telah melekat di Indonesia. Bahkan semua prinsip negara Indonesia sudah tercantum dalam lima sila pancasila. Prinsip tersebut di antaranya adalah prinsip Ketuhanan, prinsip kemanusiaan, prinsip persatuan, prinsip kerakyatan dan prinsip keadilan.

Prinsip persatuan atau prinsip gotong royong ini sudah sejak lama dijalankan Indonesia. Bahkan di masa penjajahan, prinsip inilah yang menjadi landasan mengapa Indonesia bisa bertahan dan kemudian merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

3. Menjadi tanda pengenal

Perempuan Bali (sumber: KITLV)

Jika kita pergi ke luar negeri dan berbicara mengenai Bali, kita pasti akan dikenal sebagai orang Indonesia. Atau kita pergi ke luar negeri dan kemudian berbicara tentang batik atau tempe, maka kita akan dikenal sebagai orang Indonesia.

Ya, selain tentang Bali, batik dan tempe sudah menjadi identitas bangsa Indonesia sehingga jika membicarakan keduanya pasti orang – orang mengenali kita sebagai orang Indonesia. Inilah salah satu alasan mengapa budaya bangsa harus dipertahankan.

Generasi penerus bangsa harus memastikan kalau budaya bangsa tidak pernah hilang karena jika sampai budaya yang sudah dikenal bangsa asing hilang maka akan menjadi ancaman besar bagi negara kita sendiri. Hal ini karena akan berakibat kepada tidak kenalnya generasi penerus bangsa pada identitas bangsanya sendiri.

Itulah berbagai aspek yang menjadi alasan mengapa kita harus melestarikan budaya bangsa. Budaya bangsa penting dengan segala aspeknya memberikan berbagai macam fungsi bagi kehidupan manusia.

Jaka Darmawan

sikancil anak nakal suka mencuri mentimun. Ingin tahu hasil kerja Jaka? Yuk kunjungi Portofolio Jaka

Gimana nih komentarnya?

Artikel Terbaru

Kota Taman: Sejarah Kota Ramah Lingkungan di Indonesia

Permasalahan perkotaan belakangan ini menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Kota-kota besar, hingga kota kecil sekalipun sama-sama menghadapi persoalan rumit akibat… Baca Selengkapnya

2 hari Lalu

Taman Mini Indonesia Indah sebagai Taman dan Museum Budaya Indonesia

Halo teman cerita! kalian tau ga sih Taman Mini Indonesia Indah atau yang biasa di singkat TMII merupakan sebuah taman… Baca Selengkapnya

4 hari Lalu