Apa Manfaat Wayang Bagi Pengembangan Warisan Budaya

Jika membahas soal wayang, salah satu pertanyaan yang sering terlontar adalah apa manfaat wayang bagi pengembangan warisan budaya?

Wayang merupakan bagian budaya Indonesia yang mengandung gambaran falsafah Jawa dengan pesan moral yang sangat banyak di dalamnya. Keunikan dan ciri khas budaya yang dibawa bahkan mengantarkan kesenian khas satu ini diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia.

Tentu saja kehadiran wayang memberikan banyak manfaat untuk dipelajari dan pada kesempatan kali ini skalacerita akan membahasnya untuk teman cerita!

Apa Manfaat Wayang Bagi Pengembangan Warisan Budaya Bangsa Indonesia?

Sejarah Wayang

Wayang merupakan salah satu kesenian yang sudah ada sejak masa Hindu Buddha. Dalam prasasti masa Airlangga pun sudah disebutkan mengenai profesi Aringgit / ariṅgit yaitu dalang atau orang yang mempertunjukan wayang dan awayang yang berarti dalang atau orang yang memainkan wayang.

Profesi sebagai dalang ini termasuk ke dalam profesi seniman yang harus membayar pajak. Sama halnya dengan pelawak, penari tarian khas dan khusus, pemain atau penabuh gendang dan juga penari topeng. 

Kesenian wayang di masa lalu dan saat ini tidak banyak berbeda. Pertunjukannya mengambil kisah yang tertulis dalam naskah-naskah, seperti Ramayana. Kisah cinta Rama dan Shinta sampai saat ini pun masih populer diceritakan oleh para dalang. 

Manfaat wayang menjadi bagian dari media pendidikan

Ada banyak manfaat kesenian wayang, salah satunya dalam media pendidikan. Dalam media ini, wayang menjadi sarana pembelajaran budaya sekaligus menjadi bagian dari pendidikan mental yang memberikan banyak manfaat bagi manusia dalam peranannya sebagai makhluk sosial.

Wayang perlu diperkenalkan sejak dini dengan tujuan agar kebudayaan wayang tidak dilupakan dan terus dilestarikan. Dengan begitu generasi penerus dapat lebih memperhatikan tentang pelestarian dan perkembangan budaya Indonesia dan lebih mencintai budaya sendiri sebelum mengagumi budaya asing. Apalagi sekolah menjadi tempat generasi muda belajar banyak hal. Oleh sebab itu, pendidikan seluas–luasnya harus diberikan.

Manfaat wayang sebagai bagian dari kehidupan sosial manusia

apa manfaat wayang bagi pengembangan warisan budaya
Gatot Kaca (sumber: KITLV)

Sejalan dengan fungsi wayang sebagai bagian dari media pendidikan atau media pembelajaran, cerita tentang wayang juga banyak mengandung ajaran dan nilai tentang kehidupan manusia. Cerita wayang memiliki pesan atau nilai untuk manusia yang berusaha memahaminya baik sebagai seorang individu atau seorang manusia yang berada dalam sebuah tatanan anggota masyarakat.

Beberapa pesan yang terkandung dalam budaya pagelaran wayang seperti pesan tentang keadilan, kebenaran, kesulitan hidup dan cara mengatasinya, legenda tentang kisah masa lalu, filsafat, psikologi, kepahlawanan, dan berbagai macam persoalan kehidupan lain yang menggambarkan tentang watak dan juga sifat manusia yang sulit untuk dimengerti dapat dijelaskan dalam pagelaran wayang.

Manfaat wayang sebagai media informasi

apa manfaat wayang bagi pengembangan warisan budaya
Iklan Wayang (sumber: KITLV)

Dari segi penampilannya, wayang dapat digunakan sebagai media penghubung dan media untuk mendekatkan dua aspek yaitu tradisi yang berkembang di tengah masyarakat dan masyarakat itu sendiri.

Di samping banyaknya manfaat untuk belajar ilmu pengetahuan dan teknologi, wayang menjadi sarana komunikatif untuk membantu dalam menyampaikan berbagai macam nilai yang terkandung dalam cerita wayang.

Cerita wayang sendiri memiliki berbagai pesan moral yang biasanya berkaitan dengan masalah kehidupan sosial di tengah–tengah masyarakat. Melihat pagelaran wayang serta berusaha memahami ceritanya tidak hanya membuat seseorang mengerti tentang seluk beluk tradisi wayang dari zaman dahulu dan juga dapat membantu mencari tahu nilai – nilai yang terkandung dalam tatanan kehidupan bermasyarakat.

Wayang sebagai bagian dari media hiburan

wayang
Wayang Toperng (sumber: KITLV)

Hiburan tidak hanya bisa didapatkan dari televisi atau internet saja. Wayang juga menjadi salah satu aspek dari warisan budaya Indonesia sekaligus menjadi media hiburan bagi masyarakat. Di era yang serba modern seperti sekarang ini, bahkan eksistensi wayang bertindak sebagai pertunjukan dan media hiburan masih dipertahankan.

Jenis – jenis wayang sebagai media hiburan sendiri ada banyak. Tidak hanya wayang kulit saja melainkan juga ada wayang wong, wayang golek, wayang motekar, wayang suket dan berbagai jenis lain yang terus berkembang untuk pertunjukan.

Pelestarian Wayang di Museum

wayang
Koleksi Wayang di Museum Wayang Jakarta (sumber: www.museumjakarta.com)

Kesenian wayang yang saat ini masuk ke dalam daftar warisan budaya takbenda UNESCO tentu saja harus tetap lestari. Salah satu bentuk pelestarian dan pelindungannya dapat kita ketahui dengan adanya museum yang memamerkan wayang.

Ada beberapa museum yang bisa teman cerita kunjungi. Jika teman cerita berada di Jakarta, kalian bisa pergi ke Museum Wayang yang ada di Kawasan Kota Tua. Nah, selain itu ada juga Museum Wayang Indonesia di Wonogiri, Museum Gubug Wayang di Mojokerto, Rumah Topeng dan Wayang Setiadarma di Bali, dan Galeri Wayang Purwokerto.

Teman cerita, itulah sedikit cerita tentang sejarah wayang dan apa manfaat wayang bagi pengembangan warisan budaya. Siapa tahu dengan membaca ini, kalian jadi suka wayang dan terinspirasi menjadi dalang. Sampai jumpa di cerita selanjutnya!

Jaka Darmawan

Jaka Darmawan

sikancil anak nakal suka mencuri mentimun. Ingin tahu hasil kerja Jaka? Yuk kunjungi Portofolio Jaka

Artikel Lainnya