Obrak Abrik

Apa Saja Upaya untuk Mengisi Kemerdekaan? Ikuti Tips Berikut

Teman cerita, pasti banyak di antara kamu semua yang lahir setelah tahun 45. Tentu saja sebagai generasi muda memang tidak bisa turut serta membantu dalam upaya memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Akan tetapi bukan berarti tidak ada yang bisa kamu lakukan. Masih banyak upaya untuk mengisi kemerdekaan yang bisa dijalankan bagi teman cerita semua. 

Nah, pada kesempatan kali ini skalacerita akan membahas tentang apa saja yang bisa dilakukan dalam mengisi kemerdekaan. Berikut ini skalacerita akan bagikan informasi selengkapnya yang bisa kamu terapkan!

 

Upaya Untuk Mengisi Kemerdekaan

1. Belajar dengan tekun

Belajar dengan rajin dan tekun tidak hanya dapat menjadi bekal untuk meraih sukses. Kamu tidak hanya belajar untuk mendapatkan kehidupan masa depan yang jauh lebih baik, melainkan juga bisa membantu Indonesia agar kelak memiliki banyak putera dan puteri terbaik bangsa yang berguna bagi nusa, bangsa dan negara.

Makin tekun belajar, maka seorang pelajar akan makin pandai. Dengan kepandaian tersebut dapat memajukan negara Indonesia. Sikap rajin belajar ini juga dapat menjauhkan pelajar dari berbagai kegiatan negatif atau pemikiran negatif yang dapat menimbulkan masalah dalam keluarga maupun masyarakat kemudian harinya.

 

2. Melakukan hal – hal yang positif

Jangan biarkan masa muda kamu hanya diisi dengan hal – hal yang negatif. Misalkan berteman dengan orang yang menggunakan narkoba karena kamu bisa saja terjerumus ke dalam lubang hitam mereka nantinya. Yah, meskipun berteman tidak boleh pilih-pilih, setidaknya kamu harus tahu mana yang baik untuk kamu, dan mana yang tidak.
Teman cerita, pastikan gunakan waktu luang yang kamu punya untuk melakukan berbagai hal yang bermanfaat. Banyak hal yang bisa kamu lakukan di sela–sela aktivitas, mulai dari melakukan hobi, olahraga, belajar dan sebagainya.

3. Bekerja sebaik mungkin

Tidak melulu harus menjadi seorang abdi negara seperti TNI atau Polri untuk memberikan yang terbaik kepada Indonesia, apapun profesi yang kamu jalani, pastikan kamu mengerjakannya dengan sungguh – sungguh.
Misalkan jika kamu memiliki usaha, pastikan kamu menjalankan usaha sebaik mungkin karena dengan begitu kamu bisa memberikan sumbangan terbaik kepada Indonesia. Misalkan dengan membayar pajak tepat waktu atau membuka lapangan kerja yang layak di daerahmu.
Hal ini sudah cukup baik dan menjadi kontribusi yang sangat besar bagi dirimu sendiri dan lingkungan. Jadi, apapun pekerjaan kamu tetap semangat dan berikan dedikasi terbaikmu untuk negara. Hal inilah salah satu upaya untuk mengisi kemerdekaan yang bisa kamu lakukan.

4. Tidak lupa membayar pajak

Sebagai warga negara yang baik, ketaatan membayar pajak adalah suatu keharusan. Pajak menjadi salah satu sumber keuangan negara Indonesia yang digunakan dalam membiayai berbagai macam keperluan negara mulai dari pembangunan infrastruktur, membayar gaji pegawai negeri sipil, membiayai utang negara dan sebagainya.
Oleh sebab itu tidak lupa membayar pajak dapat menjadi salah satu sifat dan sikap cinta kepada tanah air yang harus dilakukan oleh setiap rakyat Indonesia.

5. Memberi dukungan terhadap perkembangan produk dalam negeri

Dari dulu sampai sekarang ini masih banyak anak muda Indonesia yang lebih merasa bangga ketika mereka menggunakan produk keluaran perusahaan luar negeri. Mereka memiliki kebanggaan yang besar menggunakan produk dari brand ternama dunia dibandingkan menggunakan produk lokal.

Jaka Darmawan

sikancil anak nakal suka mencuri mentimun. Ingin tahu hasil kerja Jaka? Yuk kunjungi Portofolio Jaka

Gimana nih komentarnya?

Artikel Terbaru

Kue Kudapan Khas Betawi

Halo teman cerita! Jakarta mempunyai suku asli yaitu suku Betawi. Tentu setiap suku memiliki keunikannya sendiri, tidak terlepas keunikan kulinernya… Baca Selengkapnya

9 jam Lalu

Bagaimana Sikap Menghargai Kebudayaan Daerah

Sebagai negara yang memiliki ragam daerah luas tentu saja kebudayaan daerah Indonesia sangat beragam, lantas bagaimana sikap menghargai kebudayaan daerah… Baca Selengkapnya

1 hari Lalu