Bagaimana Cara Melestarikan Karya Seni Daerah?

Bagaimana cara melestarikan karya seni daerah yang kita bisa lakukan? Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk melestarikan karya seni daerah agar tidak musnah begitu saja ditelan zaman.
Dengan melestarikannya tentu generasi penerus akan paham dan tidak meninggalkan karya seni daerahnya. Mengenai hal tersebut pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya secara lengkap dan detail untuk Anda tentang cara yang tepat dilakukan dalam melestarikan suatu karya seni daerah. Simak informasi lengkap di bawah ini!

Bagaimana Cara Melestarikan Karya Seni Daerah

Pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang. Begitu pun dengan karya seni daerah, jika tidak dikenalkan tentu generasi penerus akan sulit untuk menyayangi dan mau melestarikan karya seni pada daerahnya sendiri khususnya.

1. Mengenal dan mempelajari karya seni daerah

seni budaya bali

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengenalkan karya seni daerah yaitu melalui informasi di buku, melalui lembaga formal seperti sekolah dan juga melalui media televisi atau pun platform sosial media.

Jika suatu karya seni sudah dikenal minimal di lingkungan daerah masing – masing, rasa ingin belajar terhadap karya seni tersebut akan muncul. Oleh karena itu pemberian informasi secara masif di berbagai lini masa tentang suatu karya seni daerah harus mulai diperhatikan sehingga budaya baru terutama yang bukan budaya ketimuran tidak menggerus seni daerahnya sendiri.

2. Mendokumentasikan lewat foto atau video

Salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk melestarikan karya seni daerah adalah dengan mendokumentasikan setiap ada pementasan atau pertunjukan karya seni daerah baik melalui foto atau pun video.

Sebagaimana yang kita tahu bahwa foto dan video menjadi salah satu unsur dokumentasi terbaik yang tak akan tergerus oleh waktu. Terlebih di era digital seperti sekarang ini, foto atau video dapat tersimpan rapi tanpa khawatir datanya akan rusak.

3. Menyebarkan di internet

Semakin berkembangnya zaman, semakin mudah mendapatkan informasi dan menyebarkan informasi. Internet yang hadir di tengah – tengah kita memberikan dampak positif untuk membantu menyebarkan berbagai informasi menarik termasuk informasi tentang karya seni daerah.
Untuk melestarikan karya seni daerah tersebut, Anda bisa mendokumentasikan karya seni daerah baik melalui foto atau video akan tetapi tidak hanya disimpan melainkan dishare di sosial media seperti instagram, Facebook atau TikTok.
Jika Anda memiliki channel YouTube akan semakin bagus karena jangkauannya semakin banyak, bisa dimonetisasi dan dapat menjadi salah satu alat penyebaran informasi terbaik saat ini.

4. Mengajarkan karya seni daerah masing – masing

Agar ilmu dan kepiawaian dalam peragaan karya seni daerah tidak sampai bubar, mengajarkan karya seni daerah pada generasi muda sangatlah wajib.

Dengan begitu generasi muda bisa menjadi generasi penerus yang hanya tahu melainkan juga bisa mengenal, memahami, mempraktekkan supaya bisa mencintai karya seni daerahnya sehingga kehadiran karya seni daerah tidak tergerus zaman.

belajar

Jika generasi mudanya tidak ada yang mampu mempraktekkannya tentu lama – lama rasa cinta atas karya seni daerah akan hilang sehingga meskipun sudah tersebar di internet karya seni tersebut, peminat untuk nontonnya sangat kecil. Oleh sebab itu tugas kita sekarang adalah bagaimana agar karya seni daerah semakin dicintai oleh setiap orang khususnya generasi penerus bangsa.

Itulah bagaimana cara melestarikan karya seni daerah yang Anda bisa lakukan. Semoga informasi di atas menjadi ulasan yang membawa banyak manfaat.

Jaka Darmawan

Jaka Darmawan

sikancil anak nakal suka mencuri mentimun. Ingin tahu hasil kerja Jaka? Yuk kunjungi Portofolio Jaka

Artikel Lainnya