Bagaimana Sikap Menghargai Kebudayaan Daerah

Sebagai negara yang memiliki ragam daerah luas tentu saja kebudayaan daerah Indonesia sangat beragam, lantas bagaimana sikap menghargai kebudayaan daerah yang bisa dilakukan?

Ya, memang sikap menghargai manusia lain utamanya perbedaan kebudayaan terasa sulit dilakukan utamanya bagi orang yang tidak tinggal di ruang lingkup kebudayaan yang luas. Oleh sebab itu memahami dan belajar sikap saling menghargai sejak dini sangat penting dan di sini kita akan bersama – sama membahasnya!

Bagaimana Sikap Menghargai Kebudayaan Daerah

Menerima perbedaan dimulai dari diri sendiri

Jika diri sendiri saja tidak berkenan memulainya, lantas dari siapa akan memulai?

Dengan latar belakang budaya yang berbeda memang menjadikan seseorang dididik berbeda sesuai dengan budaya tempat orang tua mereka tinggal. Namun bukan berarti pemahaman tersebut menjadi alasan untuk seseorang dengan budaya tertentu merendahkan dan tidak menghargai budaya lainnya.

Memiliki pikiran terbuka sangat diperlukan untuk menerima segala pendapat atau pun kebudayaan lain yang sebelumnya tidak pernah diketahui. Oleh sebab itu, mulailah mencoba terbuka, menerima serta mempelajari banyak hal di luar daerah Anda sendiri. Tidak harus traveling ke berbagai kota dengan budaya yang berbeda, bahkan menonton dari televisi saja sudah bisa dilakukan sekarang ini.

Perbanyak membaca dan mencari informasi baru dari sosial media

Selain tontonan televisi, perbanyak membaca buku yang dijual di pasaran atau tersedia gratis di perpustakaan daerah. Di sana banyak buku tentang daerah yang bisa Anda temukan. Pelajari dan pahami untuk semakin menambah informasi, pengetahuan dan cakrawala Anda tentang banyak hal, termasuk tentang kebudayaan lainnya.

Bahkan sekarang untuk mendapatkan informasi baru dan belajar, platform yang bisa dipakai semakin banyak. Beberapa di antaranya seperti sosial media instagram, Facebook, Twitter dan lainnya. Dari sana Anda bisa belajar banyak hal, termasuk belajar untuk menghargai ragam kebudayaan yang ada di Indonesia.

Bergabung ke beberapa komunitas

Dengan Anda bergabung melalui komunitas baru, Anda akan memiliki semakin banyak teman baru dengan ragam latar belakang kebudayaan dan ini menjadi salah satu kesempatan emas untuk bisa belajar lebih dalam lagi tentang suatu perbedaan.

Carilah hiburan dengan memahami budaya daerah lain

Setiap orang butuh hiburan untuk mengurangi penat setelah sehari penuh atau bahkan seminggu penuh beraktivitas. Hiburan yang dimaksud sendiri ada berbagai macam mulai dari jalan – jalan, nonton dan sebagainya.

Pastikan apapun hiburan yang Anda inginkan, baiknya Anda harus mencari hiburan yang menyenangkan namun tetap bermanfaat. Salah satu hiburan menyenangkan dan bermanfaat yang bisa Anda dapatkan adalah menonton film – film, video atau tontonan yang berkaitan dengan kebudayaan lain.

Dengan begitu pasti akan banyak hal baru, informasi baru, kultur baru dan segala macam aspek baru yang bisa menambah cakrawala atau wawasan Anda. Untuk film Indonesia yang di dalamnya tersemat unsur – unsur kebudayaan daerah di antaranya Tabula Rasa, Mantan Manten, Uang Panai yang ditayangkan pada 2020 atau pun Tarung Sarung.

Jika sudah bisa menentukan sikap untuk menghargai kebudayaan daerah dari diri sendiri, kemudian Anda bisa mengampanyekan sikap menghargai kebudayaan daerah kepada yang lainnya melalui platform sosial media yang Anda punya.
Setidaknya mulailah mengampanyekan itu dari ruang lingkup yang kecil terlebih dahulu sebelum menjalar ke lingkungan yang lebih besar. Hal ini sangat penting untuk menjaga agar kebudayaan daerah tidak pernah hilang sebagai warisan budaya untuk generasi penerus bangsa.

Itulah bagaimana sikap menghargai kebudayaan daerah yang penting untuk kamu tahu dan pahami. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Teman Cerita semua, ya!

Jaka Darmawan

Jaka Darmawan

sikancil anak nakal suka mencuri mentimun. Ingin tahu hasil kerja Jaka? Yuk kunjungi Portofolio Jaka

Artikel Lainnya