Chrisye dan Berbagai Lagu Warisannya

Chrisye sebagai salah satu musisi legendaris di Indonesia telah mencetak berbagai lagu. Banyak lagunya yang menjadi lagu terbaik di Indonesia baik dulu maupun saat ini. Musiknya membawa banyak pengaruh terhadap musik – musik di Indonesia, tentunya. Bagaimana pengaruh musik yang terasa sampai sekarang? Mari kita ulik!

Siapa Chrisye?

Chrisye
Chrisye

Chrisye merupakan seorang pencipta lagu dan penyanyi yang lahir di tahun 16 September 1949. Mengawali karir sebagai pemain bass pada tahun 1969 bersama Sabda Nada yang nantinya berganti nama menjadi Gipsy. Setelahnya ia ikut dengan Gipsy ke New York di tahun 1973. Sekembalinya ke Indonesia ia diajak oleh Guruh Soekarnoputra untuk menyanyi bersama Guruh Gipsy. Setelah sukses ia mencoba menyanyi solo dan debut untuk membawakan lagu “Lilin – lilin kecil” di tahun 1978 dan menjadi sukses setelahnya. Inilah awal solo karirnya yang berlangsung selama 25 tahun kedepan.

Warisannya Terhadap Musik Indonesia

Mungkin namanya sudah tidak terlalu populer pada zaman ini tetapi masih banyak penyanyi saat ini yang menyanyikan karyanya. Sudah  banyak musisi di Nusantara dan tenar yang telah membuat cover lagunya, seperti:

Pergilah Kasih

D'Masiv
D'Masiv

D’Masiv mendaur ulang lagu ini pada tahun 2012. Sebagai salah satu lagu populer dan terkenal milik Chrisye, lagu ini dirilis tahun 1989 dalam album dengan judul yang sama.

Kisah Cintaku

Lagu Chrisye Band Peterpan
Band Peterpan

Pada tahun 2008, band Peterpan yang sekarang bernama NOAH mendaur ulang lagu milik Chrisye yang berjudul Kisah Cintaku. Lagu ini merupakan bagian dari album yang berjudul Jumpa pertama dan rilis pada tahun 2008.

Panah Asmara

Afgan
Afgan

Penyanyi solo Afgan pernah membawakan daur ulang lagu Chrisye yang berjudul Panah Asmara. Lagu ini dibawakan Afgan di tahun 2010 dan menjadi lagu hits dikala itu. Gitaris Tohpati juga pernah ikut mengcover lagu yang rilis pada tahun 2004  menggunakan petikkan gitarnya.

Badai Pasti Berlalu

Ari Lasso
Ari Lasso

Lagu ini menuai sukses besar ketika Chrisye rilis ulang di tahun 1999. Pada tahun 2007, Ari Lasso mencoba untuk membawakan lagu ini dengan versinya sendiri. Ari Lasso membawakan dengan baik dengan suara khasnya.

Galih dan Ratna

Lagu Chrisye Gamaliel Audrey Cantika (GAC)
Gamaliel Audrey Cantika (GAC)

Galih dan Ratna juga merupakan salah satu lagu Chrisye yang sangat terkenal. Dirilis tahun 1980, lagu ini di cover oleh Gamaliel Audrey Cantika (GAC) di tahun 2017 kemarin.

C.H.R.I.S.Y.E

Lagu C.H.R.I.S.Y.E Eva Celia
Lagu C.H.R.I.S.Y.E Eva Celia dan Diskoria

Lagu ini bukan merupakan lagu Chrisye tetapi lagu ini adalah sebuah lagu untuk ‘tribute’. Lagu ini dibuat tahun 2021 dan dinyanyikan oleh Diskoria serta Eva Celia. Dalam lagu ini terdapat berbagai judul lagu populer seperti Andai Aku Bisa, Juwita dan Lainnya.

Nah, itulah sedikit cerita soal Chrisye dan warisannya pada dunia musik Indonesia. Lagu apa yang paling kamu suka? Kalau kamu tertarik dengan cerita tentang musik lainnya kamu bisa simak artikel lainnya disini

Ikhsan Kamil

Ikhsan Kamil

Mahasiswa komunikasi Unpad yang hobinya desain dan baca penelitian sejarah. Menulis karena mengikuti nasihat sang guru.

Artikel Lainnya