Ciri-ciri Batik Modern adalah

Halo teman cerita! Skala kali ini akan menyelami warisan dunia Indonesia yaitu Batik. Alasan batik menjadi warisan dunia karena memiliki filosofi yang mendalam serta penghubung antara masa lalu, sekarang dan masa depan.

(Sumber: cnnindonesia.com)

Batik dalam perkembangannya memiliki transformasi dari segi bentuk dan hal-hal lainnya yang menjadikan batik memiliki corak modern. Teman cerita ingin lebih mengetahui penyebab timbulnya batik modern dan ciri-cirinya? mari menyelam mengenai pertanyaan tersebut…

Pemantik Batik Modern

Batik dalam perkembangannya menemukan banyak jalan dan berbagai tuntutan, salah satunya tuntutan zaman. Tuntutan tersebut tidak terlepas dari dampak modernisasi dan globalisasi yang membanjiri dunia batik dan mempengaruhi berbagai aspek di dalam batik seperti ornamen, tema, warna, komposisi, teknik, penamaan dan pelabelan, bahkan sampai ke ciri khas dari masing-masing produk batik.

Batik modern juga dituntut untuk bertransformasi secara diakronis maupun sinkronis, di dalam proses tersebut terjadi tumpang tindih dalam sisi asimilasi, akulturasi, enkulturasi, negasi terhadap dan adopsi yang diterapkan pada pembuatan batik dengan mempertimbankan berbagai budaya baru yang dianggap modern.

Sumber utama terciptanya batik modern berasal dari tema utama globalisasi, pengenalan aspek lokal dan regional yang terdapat pada batik tradisional ini mulai diterapkan dalam desain-desain modern. Ini semua tergantung permintaan pasar dalam menciptakan produk populis sebagai kritik kondisi politis-politis.

Ciri-ciri Batik Modern

Batik yang merupakan karya seni tradisional Indonesia yang telah ada sejak dahulu seriingn berkmbangnya kreativitas dan teknologi kin sudah memiliki bentuk komodifikasi yang disebut sebagai batik modern, nah teman cerita berikut ciri-ciri batik modern:

Ilustrasi Ragam Corak Batik (Sumber: suarakonsumen.com)

 

  1. Corak Beragam, Pada batik tradisional biasanya corak-corak memiliki makna khusus, utamanya pada ikon dari daerah mana batik itu berasal. berbeda dengan batik modern yang memiliki corak beragam dan biasanya tidak memiliki corak khusus. Biasanya corak yang dipakai bentuk tanaman, binatang bahkan lambang klub bola bisa menjadi corak pada batik modern.
Ragam Warna Batik (Sumber: travel.kompas.com)

 

2. Warna Bebas dan Dominan Cerah, batik modern tidak menerapkan aturan pada pembuatannya, hal ini menjadikan batik modern memiliki dan menerapkan kombinasi warna yang sangat beragam. Keberagaman tersebut menjadi cerminan kreativitas pengrajin batik. Warna yang diaplikasikan pada batik modern cenderung warna-warna yang cerah yang membuat batik lebih hidup dan bisa menjangkau selera dari berbagai kalangan. Variasi warna batik cerah ini cocok dengan karakter anak muda.

Sepatu dengan Corak Batik (Sumber: indonesiakaya.com)

 

3. Tersedia dalam bentuk-bentuk Produk, Batik tradisional biasanya identik dengan jenis bentuk produk yang pembuatannya berupa baju atau seragam saja. Hal ini berbeda dengan batik modern yang bentuk-bentuknya diwujudkan dalam jenis bentuk-bentuk produk seperti dompet, aksesoris, tas, bahkan sepatu. Produk-produk batik modern ini bermaksud untuk menjangkau lebih banyak pasar di berbagai kalangan.

Nah teman cerita sudah tahu kan bagaimana batik modern tercipta dan bagaimana ciri-cirinya sudah skala jabarkan. Teman skala bisa nih menggunakan bentuk-bentuk produk batik modern menjadi pendukung penampilan teman saat berpergian atau di keseharian, sambil mempromosikan batik gaya teman skala juga makin sip!!!

Deddy Setiawan

Deddy Setiawan

Bercita-cita menjadi kaya dengan menulis.

Artikel Lainnya