Budaya

Contoh Kerajinan Non Benda dan Pengertiannya

Kerajinan non benda merupakan hasil karya seni yang tidak berupa benda sehingga bentuk kerajinan ini hanya bisa dirasakan dan tidak bisa dilihat. Bisa dibilang bahwa kerajinan non benda merupakan bentuk kerajinan yang kehadirannya bersifat abstrak.

Kerajinan yang bukan berbentuk benda juga menjadi bagian dari budaya yang hadir di sekitar masyarakat dengan bentuk yang beragam. Adapun mengenai contoh dari kerajinan yang bersifat non benda apa saja bisa Anda simak dalam ulasan di bawah ini!

Contoh Kerajinan Non Benda

1. Tarian

Tarian merupakan ekspresi seni yang diwujudkan dalam bentuk perpaduan antara gerakan tangan dan atau kaki, ekspresi wajah serta gesture tubuh sang penari sebagai media penyampai pesannya. Tarian sendiri terdiri dari berbagai macam.


Ada tarian tradisional yang merupakan tarian khas suatu daerah, tarian kontemporer dan tarian gaya baru serta tarian modern. Tarian tradisional memberikan informasi tentang ciri khas suatu daerah yang sudah menjadi budaya dan biasanya diajarkan secara turun temurun.

Tarian kontemporer merupakan jenis tarian yang berkembang di Indonesia namun tidak terpengaruh oleh unsur tari tradisional. Tarian kontemporer sendiri biasanya menggunakan musik dan iringan yang modern dengan koreografi yang syarat keunikan dan makna.

Tarian gaya baru merupakan tari yang dipadukan atau dikolaborasikan antara satu jenis tari dengan jenis tari yang lain. Sementara jenis yang terakhir adalah tarian modern yang merupakan tarian yang berasal dari luar negeri namun juga berkembang di Indonesia dengan adaptasi pada bagian tertentu seperti dance.

2. Puisi

Puisi merupakan sebuah karya sastra yang terbentuk atas susunan kata indah yang di dalamnya mengandung makna, irama, rima dan penyusunan terkait larik serta bait.


Penulisannya menggunakan diksi yang indah yang di dalamnya juga terkandung keseluruhan unsur dari karya sastra. Kalimat yang terangkai dalam puisi mencerminkan estetika keindahan bahasa si penulisnya.

3. Pantun

Pantun merupakan karya sastra yang terdiri dari empat baris dan terikat dengan sajak a-b-a-b. Pada baris pertama dan baris kedua pantun berisi sampiran, sementara baris ketiga dan baris keempat pada pantun merupakan isi pantun itu sendiri.


Jenisnya pun ada banyak dan biasanya pantun dibuat untuk menyampaikan suatu makna tertentu. Beberapa jenis pantun yaitu pantun jenaka, pantun nasihat, pantun cinta, pantun teka – teki, pantun kiasan, dan pantun peribahasa.

4. Drama

Drama merupakan sebuah pertunjukan yang diperagakan oleh tokoh yang menjadi lakon drama tersebut. Tokoh dalam drama ada yang protagonis atau tokoh baik dan ada tokoh antagonis atau tokoh jahat.


Naskah drama dibuat oleh sutradara dan naskah inilah yang menjadi dasar pertunjukan sebuah drama yang termasuk ke dalam salah satu kerajinan yang bersifat non benda.

5. Musik

Musik merupakan deretan suara yang tersusun dengan unsur – unsur keindahan seperti melodi, birama, irama atau ritme, tempo, tangga nada, harmoni, timbre dan dinamika. Musik biasanya dipakai sebagai pengiring syair lagu dan dimainkan dengan alat- alat yang menghasilkan irama.

Adapun musik yang dapat kita nikmati memiliki banyak jenis yaitu musik pop, musik dangdut, musik jazz, musik rock, musik hardcore dan metal, musik blues dan sebagainya. Semua jenis musik tersebut memiliki karakter pembawaan yang berbeda – beda.

Itulah beberapa contoh kerajinan non benda beserta pengertiannya. Semoga informasi yang kami bagikan di atas menambah informasi dan mendatangkan manfaat bagi pembaca.

Baca juga: Pengertian budaya non benda

Jaka Darmawan

sikancil anak nakal suka mencuri mentimun. Ingin tahu hasil kerja Jaka? Yuk kunjungi Portofolio Jaka

Gimana nih komentarnya?

Artikel Terbaru

Cerita Vespa di Indonesia

“Tak habis dimakan waktu”, begitulah kira-kira kalimat yang pas untuk menggambarkan cerita dari skuter pabrikan Piaggio asal Italia, Vespa. Mulanya… Baca Selengkapnya

1 minggu Lalu

Bagaimana Cara Melestarikan Karya Seni Daerah?

Bagaimana cara melestarikan karya seni daerah yang kita bisa lakukan? Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk melestarikan karya… Baca Selengkapnya

1 bulan Lalu