Obrak Abrik

7 Film Benyamin Sueb, Seniman Terkenal Asal Betawi

Siapa yang tak kenal Benyamin Sueb? Seniman asal Betawi yang akrab disapa Bang Ben ini memiliki segudang karya dan prestasi di bidang seni. Tak hanya terkenal karena lagunya, Bang Ben juga terkenal karena aktingnya di berbagai film layar lebar. Dengan gaya dan banyolan yang khas, Bang Ben berhasil menyita hati para penggemarnya.

Untuk mengenang hari lahir Bang Ben tanggal 5 Maret ini, Skala Cerita akan berbagi tentang 7 Film yang pernah dimainkan oleh Benyamin Sueb. Yuk, kita simak!

1. Honey, Money and Djakarta Fair (1970)

Sumber: Lokadata.id

Honey, Money and Djakarta Fair merupakan film yang dirilis pada tahun 1970 oleh PT Kartika Bina Prima Film. Film yang disutradarai oleh Misbach Djusa Biran ini dapat dikatakan sebagai film pertama Bang Ben dalam karirnya di dunia perfilman, meskipun pada film tersebut, Bang Ben hanya muncul beberapa menit sebagai artis yang sedang tampil pada event Djakarta Fair.

Kemunculannya yang singkat itu kemudian memunculkan pro dan kontra. Banyak orang tidak menganggap film Honey, Money and Djakarta Fair sebagai film pertama Bang Ben, dan beranggapan bahwa film Dunia Belum Kiamat (1971)-lah film pertamanya. Kendati demikian, Bang Ben pun menganggap bahwa film Honey, Money and Djakarta Fair tidak memberinya kesan baik. Mengapa tidak? Ia harus menunggu seharian untuk kemunculannya selama beberapa menit itu dan hanya dibayar sebesar Rp35.000,00. Kalau menurut kalian gimana nih, Teman Cerita?

2. Intan Berduri (1972)

Sumber: Wikipedia.org

Setelah memantapkan diri untuk berkarir di layar lebar, Bang Ben pun semakin giat mengasah kemampuan beraktingnya. Intan Berduri merupakan salah satu film yang dimainkannya sebagai pemeran utama. Kepiawaiannya dalam berakting itu tak disangka membuahkan hasil. Pada tahun 1973, Bang Ben berhasil meraih Piala Citra Festival Film Indonesia untuk kategori pemeran utama pria terbaik. Rekan mainnya juga meraih piala yang sama untuk kategori pemeran utama wanita terbaik yaitu Rima Melati.

3. Si Doel Anak Betawi (1973)

Sumber: Wikipedia.org

Pada film ini, Bang Ben berperan sebagai bapak dari Si Doel (diperankan oleh Rano Karno), yang akhirnya meninggal karena kecelakaan. Film yang ringan dan inspiratif ini disutradarai oleh Sjuman Djaya, diangkat dari novel berjudul “Si Doel Anak Djakarta” terbitan Balai Pustaka (judul novel mengalami perubahan, judul awalnya yaitu “Si Doel Anak Betawi”).

4. Si Doel Anak Modern (1976)

Sumber: Wikipedia.org

Di akhir film Si Doel Anak Betawi (1973), dikisahkan bahwa Doel akhirnya jadi anak modern. Film Si Doel Anak Betawi yang mendapat respon baik itu akhirnya menginspirasi lahirnya film “Si Doel Anak Modern” atau “Si Doel Sok Modern” tahun 1976. Pada film ini, Si Doel yang sudah dewasa diperankan oleh Bang Ben.

Akting Bang Ben yang luar biasa dalam film ini kembali membuahkan hasil. Ia meraih kembali Piala Citra Festival Film Indonesia pada tahun 1977 untuk kategori pemeran utama pria terbaik. Selain itu, penghargaan pada ajang yang sama juga diberikan kepada sutradara dan penulis skenario film.

Tidak sampai situ, film Si Doel Anak Modern juga mendapat predikat sebagai film terlaris kelima di Jakarta pada tahun 1976 dengan total 92.251 penonton (berdasarkan data Perfini), serta meraih Piala Akademi Sinematografi LPKJ Festival Film Indonesia 1977 untuk editor terbaik II dan fotografi terbaik II.

5. Tarsan Kota (1974)

Sumber: Wikipedia.org

Salah satu film Bang Ben yang menarik untuk ditonton yaitu film Tarsan Kota (1974). Tarsan yang diadopsi dari tokoh Tarzan memang sengaja dipilih dalam film ini untuk mengeksploitasi kelucuan tentang hutan dan orang “hutan” atau orang “desa” yang masuk ke kota. Tentu kelucuan yang dibawa oleh Tarsan di sini sangat khas dengan gaya lawak Bang Ben. Pasti Teman Cerita akan dibuat tertawa deh kalau nonton film ini.

6. Musuh Bebuyutan (1974)

Sumber: blogunik.com

Juli 1974, Bang Ben memutuskan untuk memproduksi filmnya sendiri yang diberi judul “Musuh Bebuyutan”. Film ini ia produksi di bawah perusahaannya sendiri yaitu PT Jiung Film. Namun demikian perusahaan ini kemudian bangkrut pada tahun 1980, setelah kurang lebih memproduksi enam sampai tujuh film di antaranya Musuh Bebuyutan (1974), Hippies Lokal (1976), Benyamin Koboi Ngungsi (1975), dan Betty Bencong Slebor (1978).

7. Si Kabayan Saba Metropolitan (1992)

Sumber: klikstarvision.com

Film Si Kabayan Saba Metropolitan merupakan film terakhir yang dimainkan oleh Bang Ben. Pada film ini, Bang Ben berperan sebagai Ben, anak buah Hartawan yang ingin membeli tanah milik Kabayan. Kabayan sendiri diperankan oleh Didi Petet. Selain itu, film ini juga dibintangi oleh artis muda Nike Ardilla yang berperan sebagai Iteung, pacar Kabayan.

Itulah tujuh film yang pernah diperankan oleh Bang Ben atau Benyamin Sueb. Film apa aja nih yang udah pernah kamu tonton?

Baca juga: Mengenal Sosok Usmar Ismail, Salah Satu Legenda Persinemaan Indonesia

Referensi

Cahyana, Ludhy & Muhlis Suhaeri. 2005. Benyamin S: Muka Kampung Rejeki Kota. Jakarta: Yayasan Haji Benyamin S.

Ide Nada

Ide Nada adalah seorang lulusan arkeologi yang memiliki ketertarikan dengan langit dan kebudayaan

Gimana nih komentarnya?

Artikel Terbaru

Putih-Triwarna Seragam Sekolah Indonesia

Halo, teman cerita! Pendidikan dasar enam tahun, pendidikan menengah pertama tiga tahun, lalu pendidikan menengah atas maupun kejuruan selama tiga… Baca Selengkapnya

2 hari Lalu

Kak Seto di Hari Anak Nasional

Halo, Teman Cerita! Selamat hari anak nasional, ya! Di tanggal 23 Juli ini, tentunya kita tidak boleh lupa sama pahlawan… Baca Selengkapnya

5 hari Lalu