Obrak Abrik

Mengapa Rakyat Indonesia Selalu Gagal dalam Melawan Penjajahan Belanda?

Halo teman cerita! Indonesia sebagai negara yang kaya akan rempah membuat para penjajah tertarik untuk singgah. Penjajah dari Eropa ini awalnya datang dengan damai, tetapi semakin lama mereka semakin serakah. Banyak perlawanan dilakukan oleh rakyat Indonesia, tetapi selalu gagal. Sebuah pertanyaan sederhana muncul, mengapa rakyat Indonesia selalu gagal dalam melawan penjajahan Belanda? 

Nah teman cerita, simak rangkuman kami soal kegagalan tersebut!

Perlawanan yang Bersifat Kedaerahan

Seperti banyak disinggung di buku sejarah, Indonesia selalu melakukan perlawanan secara kedaerahan. Saat itu, negara Indonesia bukanlah sebuah kesatuan seperti saat ini. Melainkan kerajaan lokal yang saling berebut pengaruh satu sama lain. Pada saat itu persaingan antar kerajaan sangat sering terjadi dan tidak jarang terjadi perang senjata. 

Pihak penjajah memanfaatkan situasi ini untuk kepentingan mereka. Seperti yang terjadi pada kerajaan Mataram Islam, Belanda memanipulasi para pangeran kerajaan untuk saling bersaing memperebutkan kerajaan mereka sendiri. Alhasil, hal tersebut mengarahkan ke berbagai perjanjian yang merugikan seperti perjanjian Giyanti memecah Mataram Islam, perjanjian Bongaya membuat Sultan Hasanudin takluk, dan lainnya.

Taktik Adu Domba yang Efektif

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Belanda memanfaatkan kondisi politik di Indonesia. Belanda melihat peluang mudahnya menggunakan taktik adu domba untuk memecah berbagai perlawanan. Taktik ini pun digunakan untuk menguasai Indonesia.

Belanda merupakan salah negara yang pintar dalam memainkan politik sebagai senjata mereka. Belanda berkali-kali terhindar dari aneksasi dari negara sekitar dengan menggunakan berbagai taktik politik salah satunya adu domba. Belanda pun menggunakan taktik ini di wilayah Indonesia untuk menguasai Indonesia dengan cepat.

Belanda Mempelajari Segala Hal Tentang Indonesia

Untuk mempercepat penjajahan dan membuat rakyat Indonesia takluk, Belanda mempelajari Indonesia. Segala hal mulai dipelajari mengenai masyarakat Indonesia mulai dari kebiasaan hingga topografi dan geografi. Dengan mempelajari musuhnya, Belanda pun bisa menguasai kelemahan Indonesia di berbagai sisi.

Belanda yang paham bagaimana Indonesia bertindak pun dapat menangkal berbagai perlawanan yang dilakukan rakyat Indonesia. Seperti yang Belanda lakukan di Aceh dengan mengirimkan sosiolog mereka untuk mempelajari rakyat Aceh. Dengan mempelajari tingkah laku mereka, Belanda dapat menguasai Aceh dan Indonesia sepenuhnya.

Persenjataan yang Lebih Canggih

Tentunya persenjataan dari Eropa lebih canggih dari Indonesia. Selain persenjataan, taktik, semangat tempur, dan logistik mereka sudah lebih maju. Mereka menggunakan kemajuan ini untuk memenangkan berbagai perang di Indonesia. Teknologi persenjataan Eropa baru memasuki babak baru di Indonesia sehingga mereka mengalami ketertinggalan. 

Walau beberapa daerah sudah mempunyai senjata Eropa, tetapi mereka terlambat untuk merevolusi angkatan perang mereka menjadi modern. Hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh Belanda yang berpengalaman berperang di berbagai medan. Mereka menggunakan teknologi mereka dengan efektif untuk menguasai Indonesia.

Sebenarnya jika ditelaah lagi banyak hal yang menyebabkan perlawanan di Indonesia tidak efektif. Namun, dari penjelasan ini kamu bisa melihat bahwa Belanda lebih hebat di segala bidang dibanding Indonesia saat itu. Pengetahuan dan kemampuan Belanda sangat mumpuni saat itu untuk menguasai Indonesia. 

Ya, itulah beberapa jawaban atas pertanyaan mengapa rakyat Indonesia selalu gagal dalam melawan penjajahan Belanda.

Ikhsan Kamil

Mahasiswa komunikasi Unpad yang hobinya desain dan baca penelitian sejarah. Menulis karena mengikuti nasihat sang guru.

Gimana nih komentarnya?

Artikel Terbaru

Cerita Vespa di Indonesia

“Tak habis dimakan waktu”, begitulah kira-kira kalimat yang pas untuk menggambarkan cerita dari skuter pabrikan Piaggio asal Italia, Vespa. Mulanya… Baca Selengkapnya

1 minggu Lalu

Contoh Kerajinan Non Benda dan Pengertiannya

Kerajinan non benda merupakan hasil karya seni yang tidak berupa benda sehingga bentuk kerajinan ini hanya bisa dirasakan dan tidak… Baca Selengkapnya

1 bulan Lalu