Jika Perubahan Sosial Budaya pada Masyarakat Seolah Tidak Terjadi?

Sebagaimana yang kita tahu bahwa secara cepat, perubahan sosial budaya memang terjadi di tengah – tengah masyarakat. Bahkan proses terjadinya sangat cepat dengan adanya arus informasi dan teknologi yang semakin meningkat seperti sekarang ini. Jika perubahan sosial budaya pada masyarakat seolah olah tidak terjadi perubahan mesti tidak terlihat.

Perubahan sosial budaya yang terjadi di tengah – tengah masyarakat di dalamnya termasuk perubahan atas nilai dan tata kehidupan masyarakat dari tradisional menjadi modern. Tentu hal ini memberikan dampak pada berbagai faktor, apa sajakah dampak terjadinya perubahan sosial budaya tersebut?

Jika Perubahan Sosial Budaya pada Masyarakat Seolah – Olah Tidak Terjadi

Awal terjadinya suatu perubahan pada dasarnya diawali karena komunikasi seseorang atau sekelompok orang. Proses komunikasi yang berlangsung tersebut, memberikan informasi yang berkaitan dengan suatu keyakinan, ide, gagasan serta hasil budaya secara fisik sehingga pergeseran budaya kemudian terjadi.
Selain komunikasi, interaksi antar bangsa, arus komunikasi dan teknologi yang semakin canggih juga turut mempercepat perubahan yang terjadi. Prosesnya bisa berlangsung cepat dan juga menyangkut dasar kehidupan bermasyarakat yang sering kita sebut sebagai revolusi.
Perubahan yang terjadi dapat direncanakan bisa juga tidak, dapat dijalankan dengan kekerasan dan tanpa kekerasan semua itu kembali ke pilihan dalam pelaksanaannya.
Namun banyak hal dalam perubahan yang tidak bisa berlangsung cepat, ada juga yang berlangsung lambat dan perlu waktu yang cukup lama bahkan sampai bertahun – tahun. Biasanya perubahan tersebut menjadi suatu rentetan perubahan kecil yang pada akhirnya akan mengikuti satu dengan lainnya jika memang berlangsung lama.
Dengan semua kondisi yang terjadi, perubahan sosial budaya yang bergeser dapat membawa kemajuan atau pun kemunduran. Ketika suatu perubahan terjadi dan menghasilkan kemajuan itu artinya menjadi suatu perubahan yang sangat menguntungkan.
Akan tetapi sebaliknya, ketika suatu perubahan membawa kemunduran ini menjadi perubahan yang merugikan masyarakat ke depannya.

Faktor Perubahan Sosial Budaya

Perubahan sosial budaya yang berubah biasanya dipicu oleh beberapa faktor seperti : 

  1. Ketidakpuasan dengan kondisi yang ada.
  2. Penemuan baru.
  3. Perubahan standar hidup.
  4. Sikap terbuka terhadap sebuah perubahan.
  5. Latar belakang pendidikan yang berbeda.
  6. Pemikiran yang berbeda.
  7. Masyarakat majemuk.
  8. Arus informasi dan perkembangan teknologi.

Perubahan sosial budaya ada baik dan buruknya. Jika perubahan sosial budaya tidak pernah terjadi tentu masyarakat tidak akan pernah bisa menjadi ke arah yang lebih baik sepanjang perubahan yang terjadi dalam ranah perubahan secara positif.

Baca Juga: Alasan Mengapa Masyarakat Senantiasa Mengalami Perubahan Sosial Budaya

Dampak Positif Perubahan Sosial Budaya

Perubahan sosial budaya memberikan beberapa dampak positif berikut: 

  1. Pendidikan masyarakat semakin maju dan menjadikan generasi baru semakin rasional dan cenderung kritis.
  2. Taraf hidup masyarakat mengalami peningkatan.
  3. Proses perkembangan semakin pesat dalam bidang industri, teknologi dan infrastruktur.

Dampak Negatif Perubahan Sosial Budaya

Namun perubahan sosial budaya juga memiliki beberapa dampak negatif yang terdiri atas : 

  1. Kesenian tradisional akan tergeser seiring berjalannya waktu.
  2. Tenaga manusia digantikan oleh mesin sehingga suatu hari nanti akan terjadi lebih banyak penurunan daya kerja manusia.
  3. Prinsip – prinsip gotong royong dan kekeluargaan semakin memudar.
  4. Belum menyeluruh dan meratanya hasil pembangunan.
  5. Nilai – nilai Ketuhanan dan kerohanian dapat tergerus.

Itulah beberapa  hal yang berkaitan dengan perubahan sosial budaya. Jadi jika perubahan sosial budaya pada masyarakat seolah – olah tidak terjadi tentu akan banyak hal yang sekarang sudah bisa dirasakan tak dirasakan sebagaimana mestinya. Jadi perubahan sosial budaya tidak melulu memberikan dampak negatif melainkan ada sisi positifnya juga.

  •  
Jaka Darmawan

Jaka Darmawan

sikancil anak nakal suka mencuri mentimun. Ingin tahu hasil kerja Jaka? Yuk kunjungi Portofolio Jaka

Artikel Lainnya