Budaya

Ketahui Khasiat Buah Tiongkok, Lo Han Guo

Tiongkok telah lama dikenal sebagai negara dengan sejarah obat-obatan herbalnya. Kaisar Shen Nung menjadi sosok yang pertama kali memulai praktik pengobatan herbal sekitar 2800 tahun sebelum masehi. Racikan buah-buahan serta tanaman pun kian berkembang hingga bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satunya adalah buah Lo Han Guo yang populer di kalangan masyarakat.

Lo Han Guo yang tumbuh di kawasan Tiongkok selatan dan Thailand utara memiliki kandungan pemanis alami yang sudah lama menjadi bahan untuk pengobatan herbal. Buah tradisional Tiongkok ini juga memiliki khasiat sebagai antioksidan dan anti-inflamatory yang terkenal ampuh mengobati berbagai penyakit serta dapat meningkatkan imun tubuh. Siraitia grosvernorii ini masih memiliki beragam manfaat lainnya, lho, Sahabat Cerita. Yuk simak penjelasan berikut ini.

  1. Mengobati sakit tenggorokan, panas dalam, batuk, dan masalah pencernaan

Lo Han Guo yang termasuk dalam family Cucurbitaceae ini dikenal memiliki efek yang baik pada paru-paru dan usus. Kandungan anti-inflammatory yang ada dalam buah ini ampuh mengobati penyakit seperti sakit tenggorokan, mengurangi panas dalam, meredakan batuk, serta  mencegah terjadinya berbagai masalah pencernaan. Tidak hanya itu, mengonsumsi minuman hasil olahan Lo Han Guo juga nyaman karena buah ini menghasilkan pemanis alami.

  1. Mengontrol kadar gula darah

Buah yang dijuluki sebagai monk’s fruit ini memiliki kandungan pemanis alami yang aman bagi gula darah karena tidak terdapat kalori di dalamnya. Riset yang dilakukan oleh Rumah Sakit Guigang City People’s Hospital di Hongkong menunjukkan Lo Han Guo yang mengandung glycoside sebanyak 200mg/kg tidak menyebabkan kenaikan gula darah pada sekelompok partisipan riset. Hal ini menjadikan Lo Han Guo buah yang aman untuk dikonsumsi oleh semua kalangan, termasuk pada penderita diabetes.

  1. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas dalam jumlah yang melebihi batas maksimal dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Paparan berbagai unsur berbahaya seperti asap rokok, polusi lingkungan, dan radiasi bisa memicu timbulnya penyakit kronis pada tubuh manusia.

Lo Han Guo yang dikenal memiliki kandungan antioksidan menjadi buah yang baik untuk memerangi radikal bebas. Buah yang mulai dikenalkan pada abad ke-13 ini sangat baik untuk dijadikan asupan tambahan dari luar guna membantu tubuh memproduksi antioksidan serta mencegah timbulnya penyakit berbahaya.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan pemanis alami yang ada pada buah Lo Han Guo bisa dijadikan pengganti dari gula yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Lo Han Guo yang tidak mengandung kalori dapat menggantikan gula konvensional berkalori tinggi. Buah tradisional asal Tiongkok selatan ini dapat dicampur ke dalam bahan minuman atau makanan serta terbukti ampuh menurunkan berat badan secara alami.

  1. Membantu mencegah kanker

Selain mengandung antioksidan dan anti-inflammatory, buah Lo Han Guo juga mengandung berbagai bahan yang bermanfaat bagi tubuh. Seperti vitamin C, protein, dan 18 jenis amino acid. Lo Han Guo yang sarat akan manfaat ini bisa dicampur dengan bahan herbal lainnya. sehingga bisa mengurangi risiko terkena penyakit kanker.

Lo Han Guo yang kaya akan manfaat bagi kesehatan ini dapat dijumpai dalam kemasan praktis. Sahabat Cerita tetap bisa mengonsumsinya meski bukan dalam bentuk buah secara langsung. Cukup dengan menyeduh balok Lo Han Guo di dalam air panas, Sahabat Cerita bisa memperoleh khasiatnya yang dapat meningkatkan imun tubuh agar terbebas dari berbagai penyakit.

Baca juga: Mengenal Tsen On Ngie, Tabib Cina yang Mengabdikan Diri di Pulau Bangka

Zara Damaris

Mahasiswa Jurnalistik yang gemar membaca dan menulis berbagai isu terkait kebudayaan dan sejarah.

Gimana nih komentarnya?

Artikel Terbaru

Kota Taman: Sejarah Kota Ramah Lingkungan di Indonesia

Permasalahan perkotaan belakangan ini menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Kota-kota besar, hingga kota kecil sekalipun sama-sama menghadapi persoalan rumit akibat… Baca Selengkapnya

2 hari Lalu

Taman Mini Indonesia Indah sebagai Taman dan Museum Budaya Indonesia

Halo teman cerita! kalian tau ga sih Taman Mini Indonesia Indah atau yang biasa di singkat TMII merupakan sebuah taman… Baca Selengkapnya

4 hari Lalu