Kue Kudapan Khas Betawi

Halo teman cerita! Jakarta mempunyai suku asli yaitu suku Betawi. Tentu setiap suku memiliki keunikannya sendiri, tidak terlepas keunikan kulinernya juga loh. Suku betawi pun memiliki kue atau kudapan (cemilan) khas nya sendiri. Kudapan ini biasanya di dijajakan oleh pedagang-pedagang di jalanan ataupun di lapak-lapak yang ada di Jakarta.

Kue kudapan khas betawi ini akan Skala rekomendasikan loh ketika teman-teman sedang berada di jakarta dan dapat dijadikan pengalaman wisata kuliner, nah simak lebih lanjut yuk kue kudapan (cemilan) khas betawi apa saja sih yang dapat ditemukan di jalan-jalan atau lapak-lapak di Jakarta!

Kue Dongkal

Kue dongkal ini ini berbentuk seperti tumpeng loh, bahan utamanya pun dibuat dengan tepung beras dan kelapa parut. Kue kudapan ini dibentuk berlapis-lapis yang berisi isian gula merah dan dikukus. Sekilas kue ini menyerupai kue putu, namun bentuknya berbeda dan tanpa pewarna hijau. Kudapan ini sudah sangat langsa tapi masih dapat ditemukan di beberapa jalan jakarta ataupun festival makanan yang ada di Jakarta loh!

Kue Dongkal (Sumber: senibudayabetawi.com)

Kue Rangi

Nah teman cerita kue ini terbuat dari kelapa parut, santan dan tepung sagu yang dipanggang di atas bara hingga matang loh. Kue ini disajikan dengan saus kinca yang terbuat dari gula jawa yang dimasak hingga kental. Kue rangi ini rasanya gurih, garing, dan manis karena topping saus kinca yang dilumerkan di atasnya. Kalian dapat menemukannya di jalan-jalan Jakarta dan biasanya dengan mudah ditemukan di depan sekolah-sekolah di Jakarta loh teman cerita.

Kue Rangi (Sumber : jakarta-tourism.go.id)

Kue Cucur

Kue cucur ini terbuat dari tepung beras, terigu, dan gula merah. Adonan dalam pembuatannya didiamkan terlebih dahulu selama satu jam hingga teksturnya mengental dan berserat, lalu di goreng hingga matang. Kue cucur ini dapat ditemukan dijajakan pedagang di Jakarta loh salah satunya di Banjir Kanal Timur (BKT) dan dapat juga ditemukan di pedagang nasi uduk yang biasanya menjual kue kudapan cucur ini!

Kue Cucur (Sumber : indonesiakaya.com)

Kue Ape

Kue Ape ini hanya dibuat dari tepung terigu, daun pandan yang dicampur susu loh teman cerita. Pandan ini menghasilkan aroma untuk menambah selera untuk menyantapnya. Kue Ape ini biasanya dikenal juga sebagai kue tetek karena bentuk tengah nya yang menonjol, rasanya? tentu gurih dan renyah. Kue Ape ini mudah ditemukan di depan sekolah-sekolah atau jalanan yang dijajakan oleh pedagang.

Kue Ape (Sumber : kitchenesia.grid.id)

Nah teman cerita, kue-kue yang disebutkan merupakan kudapan khas betawi yang dapat ditemukan di jakarta. Tenang teman cerita, harga dari kue-kue kudapan khas betawi tersebut tidak membuat kantong kempes alias murah. Kalian penasaran dengan kue-kue tersebut? kalian bisa berselancar di Jakarta untuk mencarinya!!!

 

Deddy Setiawan

Deddy Setiawan

Bercita-cita menjadi kaya dengan menulis.

Artikel Lainnya