Kuliner Legendaris Yang Ada di Jakarta

Kuliner legendaris yang ada di Jakarta sudah tercipta dari zaman dahulu. Berbagai cerita makanan yang ada di Jakarta tentunya bermula dari sejarah penciptaan kotanya yang panjang yakni sejak abad ke 5. Jakarta selain sebagai pemukiman juga berfungsi sebagai kota dagang dan pelabuhan dan tentunya didatangi banyak orang.

Banyaknya orang bermukim menciptakan berbagai macam kuliner legendaris yang dikenal di berbagai belahan nusantara. Makanan legendaris apa saja sih yang bisa kita temui disana? Mari Teman Cerita, kita telusuri yuk!

Baca juga: Inilah 50 makanan khas Indonesia yang wajib kamu coba!

1. Soto Betawi H. Ma’ruf, Cikini

Soto Betawi H. Ma'ruf
Soto Betawi H. Ma'ruf

Betawi sebagai masyarakat lokal di Jakarta tentunya memiliki berbagai kuliner khas yang telah ada sejak zaman dahulu. Soto Betawi merupakan salah satu makanan khas dari kalangan Betawi yang sudah melegenda dari zaman dahulu. Soto Betawi H. Ma’ruf sendiri sudah ada sejak tahun 1960an. Berawal dari jualan menggunakan gerobak pikul oleh Haji Ma’ruf yang merupakan pekerja serabutan, berlanjut berkembangnya usaha ini. Pada tahun 1980an ia memulai berjualan di tempat permanen di Cikini yang berlanjut hingga saat ini.

Bisa dikatakan bahwa soto betawi H. Ma’ruf adalah soto betawi yang standar. Soto ini tidak mengandung MSG dan dipadukan santan bersama jeroan. Dagingnya diracik dengan rempah-rempah lalu tidak menggunakan tambahan lain seperti kentang dan tomat, hanya bawang goreng, daun bawang, dan emping. 

Kalau kamu penasaran dengan kuliner legendaris ini, kamu bisa kunjungi restorannya di alamat ini teman! Komplek Taman Ismail Marzuki Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Menteng, Central Jakarta City, Jakarta 10330

2. Bakmi Gang Kelinci, Pasar Baru

Kuliner Legendaris Bakmi Gang Kelinci
Bakmi Gang Kelinci

Bakmi ini sudah ada sejak 1957 di Gang Kelinci, Pasar Baru. Dulunya berjualan menggunakan gerobak yang dilakukan oleh Nyonya Fatmawati. Selama perkembangannya ia telah membuka beberapa cabang yang sudah ada di daerah Jabodetabek. Saat ini resep bakmi ini masih menggunakan resep yang telah diturunkan oleh Nyonya Fatmawati. 

Bakmi ini menggunakan motto Enak-Murah-Banyak dan saat ini juga telah menyediakan hiburan seperti karaoke. Saat ini mereka ada dibawah AK management yang dibuat untuk mengurus berbagai kebutuhan dari bakmi gang kelinci. 

Bakmi ini bisa kamu nikmati dengan berkunjung ke restoran mereka di alamat Jl. Kelinci Raya No. 1-3, Pasar Baru, Jakarta Pusat 10710

Kamu bisa kunjungi websitenya disini

Baca juga: Mang Jali bawa buaya, inilah sejarah roti buaya!

3. Kopi Es Tak Kie, Glodok

Kuliner Legendaris Es Kopi Tak Kie
Es Kopi Tak Kie

Tidak lengkap rasanya makan tanpa minum. Kali ini ada Kopi Es Tak Kie dari daerah Pecinan Jakarta. Didirikan pada tahun 1927 atau sudah nyaris seabad memiliki ciri khas sendiri pada racikan kopinya. Pada tahun 1976 ketika Ayauw memegang kedai ini ia melakukan inovasi yakni mencampur berbagai jenis kopi ke dalam satu wadah yang kini menjadi ikon kedai ini.

Selain menjual kopi, kedai ini menjual berbagai makanan khas peranakan seperti bakmi atau nasi campur. Mengandalkan interior klasik, tempat ini asik tentunya untuk kamu pecinta kopi! Oh iya, sebelum kamu makan lebih baik bertanya karena beberapa menu mengandung babi.

Kopi ini bisa kamu temui di alamat Gang Gloria, Glodok, Jl. Pintu Besar Selatan III No.4-6, RT.7/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11120.

Kamu bisa kunjungi websitenya disini

Baca juga: Roti Tan Ek Tjoan yang bisa jadi camilan menyenangkan saat minum es kopi!

4. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih, Menteng

Kuliner Legendaris Nasi goreng Kambing Kebon Sirih
Nasi goreng Kambing Kebon Sirih

Sudah berdiri sejak 1958, nasi goreng ini sudah menjadi salah satu kuliner legendaris di Jakarta. Nasi goreng ini dimasak menggunakan wajan besar dan diaduk bersama bahan – bahan lainnya. Kalau kamu berkunjung kesana kamu akan melihat sewajan penuh menggunung nasi goreng. Nasi goreng kambing ini memiliki campuran berbagai rempah yang khas dan juga daging kambing yang lembut. Selain menyediakan nasi goreng mereka juga menyediakan sate dan berbagai makanan lainnya. 

Kamu bisa kunjungi warungnya di alamat Jl. Kebon Sirih, RT.3/RW.2, Raya, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10340.

5. Ketan Susu Kemayoran

Ketan Susu Kemayoran
Ketan Susu Kemayoran

Terakhir ada kudapan manis yang sudah berdiri sejak 1958 yakni Ketan Susu Kemayoran. Kuliner legendaris ini sudah sangat terkenal di daerah Jakarta Utara dan buka 24 jam. Menyediakan berbagai macam kudapan untuk menemani ketan susu seperti tempe, ubi, pisang dan lainnya. Selain itu mereka juga menyediakan berbagai minuman, teh poci menjadi salah satu andalan minuman mereka. Buat kamu penggemar makanan kecil di malam hari cocok banget buat nongkrong kesini sama temen kamu! 

Kunjungi aja di alamat  Jl. Kemayoran Gempol Jl. Garuda No.11, RW.8, Ujung, Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10620

Baca juga: Makanan lebaran khas Betawi yang sungguh menggugah selera!

Itulah beberapa kuliner legendaris pilihan kami! Nah, tertarik buat nyoba apa dulu teman? Atau kamu punya rekomendasi lain soal makanan di Jakarta? Tulis di kolom komentar ya!

Baca juga: Apa itu laksa dan menikmati laksa betawi yang legendaris!

Ikhsan Kamil

Ikhsan Kamil

Mahasiswa komunikasi Unpad yang hobinya desain dan baca penelitian sejarah. Menulis karena mengikuti nasihat sang guru.

Artikel Lainnya