Obrak Abrik

Lagu Anak Ayam Diciptakan Oleh Siapa, Ya?

Banyak pertanyaan tentang lagu anak ayam diciptakan oleh siapa. Nah, ternyata pencipta lagu anak – anak yang berjudul anak ayam atau yang juga dikenal dengan judul Anak Ayam, Tek Kotek – Kotek adalah mendiang AT Mahmud.

Selain lagu anak Ayam, Tek Kotek – Kotek, AT Mahmud juga memiliki beberapa lagu anak lain yang tak kalah tenarnya. Selengkapnya tentang biodata AT Mahmud, beserta lirik lagu anak ayam bisa teman cerita simak dalam informasi di bawah ini!

Lagu Anak Ayam – AT Mahmud

Tek kotek, kotek kotek
Anak ayam turunlah berkotek
Tek kotek, kotek kotek
Anak ayam turunlah berkotek

Anak ayam turunlah empat
Mati satu tinggallah tiga
Anak ayam turunlah tiga
Mati satu tinggallah dua

Tek kotek, kotek kotek
Anak ayam turunlah berkotek
Tek kotek, kotek kotek
Anak ayam turunlah berkotek
Anak ayam turunlah dua
Mati satu tinggallah satu
Anak ayam turunlah satu
Mati satu tinggallah induknya

Lagu ciptaan AT Mahmud ini merupakan lagu anak yang ringan untuk dinyanyikan dan liriknya mudah dihafalkan. Lagu ini menceritakan tentang peternakan anak ayam yang biasanya beternak banyak ayam. Pada peternakan ayam biasanya satu persatu ayamnya akan diambil pada musim panen hingga yang tersisa hanyalah induknya yang akan diternak kembali.

Selain menceritakan tentang kisah peternakan ayam, lagu ini juga sekaligus menjadi sebuah lagu anak yang mengajarkan anak untuk berhitung. Kita bisa lihat formasi pengurangan dalam lirik lagu tersebut. Bunyinya sebagai berikut:

Anak ayam turunlah empat
Mati satu tinggallah tiga
Anak ayam turunlah tiga
Mati satu tinggallah dua

Nah, formasi kalimat tersebut merupakan formasi lirik lagu yang mengajarkan tentang pengurangan dalam matematika sehingga melalui lagu anak bisa menyanyi sambil belajar.

Tentang Sang Pencipta Lagu Anak, AT Mahmud

AT Mahmud

AT Mahmud memiliki nama lengkap Abdullah Totong Mahmud. Beliau lahir pada tanggal 3 Februari 1930. AT Mahmud sempat menjadi seorang guru taman kanak – kanak (TK) pada tahun 1963. Beliau juga merupakan seorang pencipta lagu anak yang karyanya sangat melegenda dan sering kita dengar dinyanyikan anak –anak sampai saat ini.
Beliau menciptakan berbagai jenis lagu anak karena memang memiliki kepedulian besar terhadap tumbuh kembang anak agar mereka bisa tumbuh kembang sesuai usianya.

Beliau merupakan pencipta lagu anak yang sangat produktif pada masanya karena banyak lagu yang beliau ciptakan. AT Mahmud meninggal tepat pada tanggal 6 Juli 2010 di Jakarta dan dimakamkan di Ereveld Menteng Pulo.

Lagu Anak Lain yang Diciptakan oleh AT Mahmud

Selain lagu anak ayam, Tek Kotek – Kotek yang kita bahas kali ini, ada beberapa lagu lain yang juga diciptakan oleh AT Mahmud. Sebagian besar dari teman cerita pasti sudah tak asing lagi dengan beberapa lagu ciptaan AT Mahmud lainnya berikut ini, seperti :

  • Anak Gembala
  • Bintang Kejora
  • Libur Telah Tiba
  • Cicak di Dinding
  • Ambilkan Bulan Bu
  • Pelangi
  • Aku Anak Indonesia
  • O Amelia
  • Dan masih banyak lagi lainnya

Itulah sedikit informasi tentang lagu anak ayam beserta lirik lagu anak ayam diciptakan oleh AT Mahmud. Semoga informasi di atas menjadi informasi yang semakin menambah wawasan kita tentang lagu anak dan melestarikannya agar tidak hilang ditelan perkembangan zaman. Kira-kira lagu anak apa yang menjadi favoritmu?

Jaka Darmawan

sikancil anak nakal suka mencuri mentimun. Ingin tahu hasil kerja Jaka? Yuk kunjungi Portofolio Jaka

Gimana nih komentarnya?

Artikel Terbaru

Putih-Triwarna Seragam Sekolah Indonesia

Halo, teman cerita! Pendidikan dasar enam tahun, pendidikan menengah pertama tiga tahun, lalu pendidikan menengah atas maupun kejuruan selama tiga… Baca Selengkapnya

2 hari Lalu

Kak Seto di Hari Anak Nasional

Halo, Teman Cerita! Selamat hari anak nasional, ya! Di tanggal 23 Juli ini, tentunya kita tidak boleh lupa sama pahlawan… Baca Selengkapnya

5 hari Lalu