Obrak Abrik

Mengapa Bangsa Indonesia Perlu Melakukan Proklamasi Kemerdekaannya? Ini Alasannya

Teman cerita, bagi penduduk Indonesia, bulan Agustus identik dengan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Mengenai hal – hal yang berkaitan dengan kemerdekaan Indonesia yang telah diperjuangkan para pendiri bangsa, ada satu pertanyaan yang banyak ditanyakan orang yaitu mengapa bangsa Indonesia perlu melakukan proklamasi kemerdekaannya?
Proklamasi kemerdekaan menjadi buah dari semua darah dan perjuangan yang dilalui oleh para pejuang. Dibalik proklamasi kemerdekaan terdapat perjuangan dan makna besar bagi bangsa Indonesia sendiri. Berikut beberapa hal tentang proklamasi kemerdekaan yang perlu kamu ketahui!

Mengapa Bangsa Indonesia Perlu Melakukan Proklamasi Kemerdekaannya

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia sebenarnya merupakan bagian dari pidato proklamasi yang disampaikan oleh Ir. Soekarno dan ditandatangani bersama Drs. Moh. Hatta sebagai wakil bangsa Indonesia.

sumber: Wikimedia Commons

Proklamasi dibacakan pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB. Hari tersebut kemudian diperingati sebagai hari kemerdekaan Indonesia sampai saat ini. Pembacaan proklamasi diselenggarakan di Jalan Pegangsaan Timur nomor 56 Jakarta tepatnya di rumah milik Faradj bin Said bin Awadh Martak, seorang saudagar keturunan Arab-Indonesia.

Pada saat yang sama, riuh kegembiraan terpancar dengan dikibarkannya bendera merah putih sebagai bendera negara dan dilantunkan lagu kebangsaan yang diciptakan oleh W.R. Supratman. Proklamasi kemerdekaan yang dibacakan oleh Ir. Soekarno bermakna sangat penting bagi bangsa Indonesia yang telah dijajah selama berabad – abad. 

Proklamasi kemerdekaan sudah seperti bayaran atas banyaknya lumuran darah dan pengorbanan bangsa Indonesia. Melalui proklamasi tersebut, bangsa Indonesia memberikan pengumuman kepada dunia bahwa Indonesia sudah menjadi negara yang terbebas dari penjajah.

Dengan semua sejarah dan perjuangan panjang yang dilalui bangsa Indonesia, tentu saja proklamasi kemerdekaan memiliki makna tersendiri. Makna proklamasi bagi bangsa Indonesia di antaranya :

1. Proklamasi adalah pernyataan de facto kemerdekaan Indonesia

Tidak hanya sekedar janji, proklamasi bahkan sudah menjadi pernyataan de facto oleh negara Indonesia yang menyatakan bahwa Indonesia siap menghadapi segala ancaman dan menegakkan keadilan. Ancaman memang sempat terjadi setelah Indonesia merdeka.
Perang tersebut disebut sebagai perang kemerdekaan yang terjadi sejak tahun 1945 – 1949. Kemudian pada akhir 1949, Belanda secara resmi mengakui kedaulatan Republik Indonesia sebagai bangsa dan negara.

2. Menjadi hadiah bagi perjuangan bangsa

Indonesia pernah mengalami masa yang sangat kelam berupa tanam paksa. Pada masa penjajahan tersebut lahan pertanian harus ditanami dengan komoditas berharga yang hasilnya diberikan kepada penjajah.

SIstem Tanam Paksa untuk tanaman tebu di Malang (sumber: KITLV)

 

Proklamasi kemerdekaan yang terjadi pada tanggal 17 Agustus itu menjadi suatu tekad bagi bangsa Indonesia untuk bersatu bersama – sama melawan penjajah dan melepaskan belenggu penjajahan. Oleh sebab itu makna proklamasi bagi bangsa Indonesia adalah menjadi simbol dan hadiah perjuangan.


3. Menaikkan martabat bangsa Indonesia di hadapan bangsa lain

Pada masa penjajahan oleh Belanda dan pendudukan Jepang di Indonesia, status warga negara Indonesia sebelum merdeka adalah warga yang terjajah. Warga Indonesia saat itu menjadi warga kelas bawah yang tidak memiliki hak dalam berbagai hal. Warga Indonesia harus berdaulat atas kekuasaan penjajah dan tunduk terhadap berbagai politik, diskriminasi rasial, pendidikan, politik dan ekonomi.
Namun setelah merdeka, status Indonesia sama dengan negara–negara yang lain. Bahkan Indonesia menentang penjajahan dunia seperti yang telah tercantum dalam Pembukaan Undang – Undang Dasar 1945.


4. Memberikan kesempatan yang sama pada seluruh rakyat Indonesia

Bagi bangsa Indonesia, makna proklamasi adalah kesempatan untuk menjadi masyarakat mandiri, cerdas, memiliki nilai budaya luhur dan tinggi serta memberikan kewenangan untuk mempertahankan kedaulatan negara.
Proklamasi juga menjadi alat hukum bagi bangsa Indonesia di mata internasional dalam melakukan hubungan kerja sama internasional dengan negara lain.

Teman cerita, itulah berbagai makna proklamasi bagi bangsa Indonesia beserta alasan mengapa bangsa Indonesia perlu melakukan proklamasi kemerdekaannya. Semoga menjadi informasi yang menambah informasi dan menjadikan kita semakin cinta tanah air dan menjadi warga yang patuh, serta tidak merongrong negara.

Jaka Darmawan

sikancil anak nakal suka mencuri mentimun. Ingin tahu hasil kerja Jaka? Yuk kunjungi Portofolio Jaka

Gimana nih komentarnya?

Artikel Terbaru

Kue Kudapan Khas Betawi

Halo teman cerita! Jakarta mempunyai suku asli yaitu suku Betawi. Tentu setiap suku memiliki keunikannya sendiri, tidak terlepas keunikan kulinernya… Baca Selengkapnya

13 jam Lalu

Bagaimana Sikap Menghargai Kebudayaan Daerah

Sebagai negara yang memiliki ragam daerah luas tentu saja kebudayaan daerah Indonesia sangat beragam, lantas bagaimana sikap menghargai kebudayaan daerah… Baca Selengkapnya

1 hari Lalu