Budaya

Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beranekaragam

Teman cerita, apakah kalian tahu alasan mengapa budaya Indonesia sangat beranekaragam? Ternyata, ada banyak hal yang menjadi alasan mengapa hal tersebut terjadi di negara kita.

Indonesia sejatinya merupakan negara yang di dalamnya terdiri atas berbagai macam suku, agama, ras yang pastinya membentuk budaya yang berbeda – beda. Akan tetapi, ada aspek yang melatarbelakangi hal tersebut. Kira-kira apa saja, ya?

Alasan Mengapa Budaya Indonesia Sangat Beranekaragam

Ada beberapa alasan yang menyebabkan Indonesia memiliki budaya yang sangat beranekaragam. Nah, berikut beberapa alasannya:

  • Faktor geografis. Indonesia merupakan negara kepulauan yang menjadi persilangan aktivitas dagang antar negara dan jalur pelayaran dunia
  • Kondisi alam antar pulau yang berbeda
  • Ras, agama dan kelompok tertentu
  • Keragaman yang ada di Indonesia
  • Latar belakang suku dan pendidikan yang berbeda
  • Hubungan diplomatik Indonesia dengan negara lain

Semua hal yang mengakibatkan keanekaragaman tersebut tidak dapat kita tolak melainkan harus menjadi sesuatu yang perlu dijaga dan dilestarikan. Keanekaragaman tersebut mampu memberikan warna ketentraman dan kedamaian bagi seluruh rakyat Indonesia.

Banyaknya ragam budaya di Indonesia, pasti akan ada menimbulkan sikap negatif dan positif dari masyarakatnya. Nah, di bawah ini ada beberapa sikap yang harus dimiliki masyarakat Indonesia dalam menghadapai keanekaragaman, antara lain:

1. Meningkatkan toleransi antar sesama manusia

Toleransi menjadi bagian yang sangat dibutuhkan guna saling membantu satu sama lain tanpa harus memandang suku, ras, agama atau antar golongan tertentu.

Toleransi juga menjadi suatu sikap untuk saling memahami, saling mengerti, dan rasa saling menerima perbedaan antar individu yang terjadi. Sikap toleransi pun harus dikembangkan, dijalankan dan menjadi suatu sikap yang berjalan tanpa paksaan dari pihak tertentu melainkan ada karena kesadaran.

2. Mengembangkan sikap untuk saling menerima

Perbedaan merupakan sebuah keniscayaan di tengah – tengah masyarakat. Sebagaimana mestinya seorang saudara, rasa saling menjatuhkan antara satu dengan yang lain tidak boleh ada dan tidak boleh terjadi.

Karena keberagaman yang ada, tugas Indonesia memang sangat berat. Indonesia harus menjaga keberagaman agar tetap lestari sekaligus harus mampu membuat lingkungan yang beragam ini agar tetap kondusif, nyaman, tentram dan makmur.

Jika dibandingkan dengan negara lain, tugas Indonesia memang sangat berat karena keberagaman yang ada sangatlah besar. Indonesia adalah negara yang punya beragam suku, ras, dan agama yang mana semuanya harus dapat saling menerima satu sama lain, saling memahami satu sama lain dan berbagai tugas lainnya.

3. Menghargai setiap perbedaan yang ada

Dalam menyikapi apa yang terdapat di alam semesta, psikologi manusia akan bekerja untuk memahami segala sesuatu yang dominan dengan kehidupannya. Misalkan bagi seorang mahasiswa kedokteran, maka bagi ia akan lebih mudah menerima ilmu kedokteran dibandingkan ilmu ekonomi walau tata bahasa dan pelajaran yang harus dipelajari dalam ilmu kedokteran sangat berat sekalipun.

Dalam hidup berbangsa juga harus demikian. Suku Jawa akan dengan mudah menerima orang yang satu suku dengan mereka. Akan tetapi bukan berarti suku Jawa boleh memandang remeh dan rendah suku lainnya karena perbedaan yang ada harus dihargai dengan baik.

4. Menjalin kerjasama yang baik

Demi kehidupan yang selaras tentu rasa saling sepaham antar individu, antar keluarga dan bertetangga sangat dibutuhkan. Untuk mendapatkan rasa saling sepaham tersebut kerjasama diperlukan dalam segala hal dilandasi dengan rasa ikhlas dan penuh tanggung jawab.

Teman cerita, itulah alasan mengapa budaya Indonesia sangat beranekaragam. Kita harus menjaga keanekaragaman tersebut karena hal itu yang menjadikan Indonesia sebagai negara yang sangat unik. 

Jaka Darmawan

sikancil anak nakal suka mencuri mentimun. Ingin tahu hasil kerja Jaka? Yuk kunjungi Portofolio Jaka

Gimana nih komentarnya?

Artikel Terbaru

Kota Taman: Sejarah Kota Ramah Lingkungan di Indonesia

Permasalahan perkotaan belakangan ini menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Kota-kota besar, hingga kota kecil sekalipun sama-sama menghadapi persoalan rumit akibat… Baca Selengkapnya

2 hari Lalu

Taman Mini Indonesia Indah sebagai Taman dan Museum Budaya Indonesia

Halo teman cerita! kalian tau ga sih Taman Mini Indonesia Indah atau yang biasa di singkat TMII merupakan sebuah taman… Baca Selengkapnya

4 hari Lalu