Alasan Mengapa Masyarakat Senantiasa Mengalami Perubahan Sosial Budaya

Mengapa masyarakat senantiasa mengalami perubahan sosial budaya? Ada beberapa hal yang menjadi latar belakang mengapa masyarakat mengalami perubahan sosial budaya dalam tatanan sosialnya.
Faktor dari luar maupun dalam sebenarnya sangat berpengaruh terhadap hal ini. Nah, pada kesempatan kali ini skala cerita akan membahasnya secara lengkap untuk teman cerita mengenai hal ini. So, let’s check these out!

Faktor Mengapa Masyarakat Senantiasa Mengalami Perubahan Sosial Budaya

Teman cerita, sebagaimana yang telah disebutkan di atas, masyarakat mengalami perubahan sosial budaya yang disebabkan oleh faktor dari luar (eksternal) maupun dari dalam (internal).

Faktor Internal Perubahan Sosial Budaya

Faktor internal atau dari dalam yang menjadi penyebab perubahan sosial budaya di tengah tatanan masyarakat terdiri dari tiga hal, yaitu :

1. Perubahan jumlah penduduk

Reality-club-alexandra manusia makin banyak, sosial budaya terus bergerak

Salah satu aspek yang menjadi penyebab mengapa masyarakat senantiasa mengalami perubahan sosial budaya salah satunya adalah perubahan jumlah penduduk. Berkurang atau semakin bertambahnya jumlah penduduk pada suatu kota atau daerah tertentu menjadi salah satu penyebabnya.

Pencampuran antara berbagai macam pola dan perilaku sosial serta kebudayaan dari bertambah atau berkurangnya penduduk yang terjadi mengakibatkan tatanan kehidupan juga mengalami perubahan.  Perubahan tersebut dapat berupa yang baik atau buruk. 

Di Indonesia, perubahan jumlah penduduk diketahui dari bertambahnya angka kelahiran dan menurunnya akan kematian. Berdasarkan siaran pers Bappenas pada 22 Mei 2017, Indonesia akan mengalami bonus demografi pada 2030-2040. Jumlah penduduk usia produktif mencapai 64% dari total jumlah penduduk Indonesia yang kemungkinan akan bertambah menjadi 297 juta jiwa. 

Bonus demografi ini akan berdampak bagus, jika ketersediaan lapangan pekerjaan mencukupi serta peningkatan pendidikan dan keterampilan. Namun, ini akan menjadi bumerang ketika lapangan kerja berkurang, sehingga menimbulkan angka kriminalitas dan kemiskinan yang semakin tinggi.

2. Terdapatnya penemuan baru

Reality-club-alexandra penemuan baru, budaya baru?

Penemuan baru juga dapat berpengaruh atas perubahan sosial baik penemuan yang berupa alat, gagasan atau rangkaian ciptaan. Penemuan baru jika diterima dan diakui masyarakat disebut sebagai invention dimana proses terjadinya dalam discovery memerlukan waktu yang cukup lama.
Penemuan baru yang paling terasa di masyarakat saat ini adalah keberadaan ponsel pintar. Keberadaannya ini membuat terjadi perubahan kebiasaan yang besar dalam masyarakat. Jika dulu masyarakat akan membaca berita dari koran, saat ini semua berita bisa diakses dari ponsel pintar.

3. Pertentangan

Reality-club-alexandra tentang sana, tentang sini boskuu

Baik berskala kecil atau pun berskala besar, pertentangan dapat menjadi salah satu aspek yang menyebabkan sosial budaya dalam tatanan masyarakat mengalami perubahan. Pertentangan biasanya terjadi antar individu, antar kelompok, atau antar individu dengan kelompok.

Faktor Eksternal Perubahan Sosial Budaya

Sementara mengapa masyarakat senantiasa mengalami perubahan sosial budaya juga disebabkan karena faktor dari luar. Mengenai beberapa hal yang menjadi faktor eksternal atau faktor dari luar yang menimbulkan perubahan sosial budaya di tengah tatanan masyarakat terdiri atas :

1. Alam

alam pakai masker keluar rumah, budaya baru?

Peran alam bagi kehidupan manusia sangat penting. Bisa dikatakan bahwa alam memberikan peran yang sangat vital bagi kehidupan manusia. Salah satu kondisi alam yang menyebabkan perubahan dalam tatanan masyarakat seperti misalnya bencana alam yang terjadi di lingkungan masyarakat. Segala struktur dan tatanan yang telah terkonsep dapat mengalami perubahan. 

Perubahan sosial budaya yang terjadi karena alam sedang dirasakan oleh kita semua dengan merebaknya COVID-19 yang telah berlangsung sekitar satu tahun. Keberadaan virus ini membuat semua orang harus menghentikan aktivitas di luar dan mulai melakukan semuanya dari rumah. Dimulai dengan melakukan pekerjaan secara daring, membeli bahan makanan atau makanan melalui daring, bahkan berkunjung ke tempat wisata pun dilakukan dengan daring.

2. Perang

Reality-club-alexandra banyak budaya baru muncul karena perang

Perang dapat menjadi penyebab terjadinya berbagai kondisi perubahan karena biasanya suatu kelompok yang menang dalam perang akan memaksakan budayanya dilakukan oleh kelompok yang mengalami kekalahan dalam perang tersebut.
Perubahan sosial yang terjadi karena perang bisa melibatkan seluruh komponen masyarakat dan akan membawa berbagai macam perubahan dalam tatanan masyarakat baik berskala kecil atau berskala besar.

3. Pengaruh kebudayaan masyarakat lain

Reality-club-alexandra oke siap pak

Kecenderungan hubungan fisik yang dilakukan antar dua orang atau lebih pasti memiliki timbal balik. Artinya di antara anggota masyarakat akan memberikan pengaruh kebudayaan terhadap masyarakat lain sehingga pengaruh tersebut akan diterima masyarakat secara cepat maupun lambat.
Pengaruh dari kebudayaan masyarakat lain yang paling terasa saat ini adalah budaya K-pop. Hampir semua orang di Indonesia menonton drama Korea, menyukai girlgroup atau boygorup dari Korea, atau menyukai makanan Korea. Orang Indonesia khususnya di kalangan remaja banyak yang menjadi penggemar berat budaya negara Ginseng tersebut. Mereka bahkan mulai belajar bahasa Korea agar bisa menonton drama tanpa terjemahan atau bisa berinteraksi dengan idolanya tanpa harus mengandalkan mesin penerjemah.

Selain pop culture, ada juga contoh seperti sejarah roti buaya yang mulanya tidak memiliki isian namun sejak berkembangnya varian rasa, roti buaya kini memiliki rasa yang unik.

4. Terjadinya kontak dengan kebudayaan lain

Reality-club-alexandra majunya teknologi makin mudah buat manusia berinteraksi

Kontak dengan kebudayaan lain atau proses difusi merupakan kondisi penyebaran unsur kebudayaan dari individu satu menuju individu yang lain. Proses ini mengakibatkan manusia mampu menghimpun berbagai penemuan baru yang telah dihasilkan.
Dengan terjadinya difusi yang telah diterima masyarakat dapat diteruskan atau kemudian disebarkan kepada masyarakat lain secara luas sampai umat manusia di dunia ini menikmati perubahan dan atau penggunaannya.

Teman cerita, itulah sedikit ulasan atau informasi untuk kalian tentang mengapa masyarakat senantiasa mengalami perubahan sosial budaya. Semoga informasi tersebut bisa menambah informasi kita semua, ya!

Jaka Darmawan

Jaka Darmawan

sikancil anak nakal suka mencuri mentimun. Ingin tahu hasil kerja Jaka? Yuk kunjungi Portofolio Jaka

Artikel Lainnya