Perilaku yang Mencerminkan Sikap Mempertahankan Kemerdekaan NKRI

Ada banyak contoh perilaku yang mencerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan NKRI. Seharusnya setiap warga negara Indonesia yang baik senantiasa berusaha untuk memelihara dan menjalankan sikap dan sifat tersebut dalam berperilaku di kehidupan sehari – hari.
Dengan menunjukkan sikap mempertahankan kemerdekaan NKRI, setiap orang tentu dapat bersatu untuk mewujudkan satu tujuan yaitu menjaga kedaulatan bangsa dan negara. Lantas, perilaku seperti apa saja yang menjadi pencerminan dari semua sikap tersebut?

Perilaku yang Mencerminkan Sikap Mempertahankan Kemerdekaan NKRI

Sebenarnya apapun sikap yang dilakukan selama tidak menyimpang, tidak mempermalukan bangsa dan tidak merugikan, dapat dikategorikan sebagai perilaku yang baik sebagai warga negara. Sebagai contoh perilaku yang dapat menjadi sikap cinta terhadap tanah air dan menunjukkan identitas diri bangsa di antaranya :

1. Senantiasa mengamalkan nilai – nilai pancasila

Apapun perbuatan yang dilakukan dengan mengaplikasikan nilai – nilai pancasila menjadi suatu perbuatan yang mendukung pengamalan nilai – nilai pancasila dan hal ini sangat penting diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Terlebih setiap butir pancasila memiliki nilai yang berasal dari nilai dasar dan norma yang diambil sebagai intisari bermasyarakat dan bernegara. Oleh sebab itu pengalaman pancasila adalah kewajiban yang harus dilaksanakan.

2. Menjaga toleransi dan tenggang rasa

Menjaga toleransi dan tenggang rasa

Toleransi dan sikap tenggang rasa sangat diperlukan dalam menjaga persaudaraan dan persatuan antar golongan. Terlebih saat ini banyak organisasi separatisme atau kelompok radikal yang ingin memecah belah persatuan bangsa Indonesia dengan menyebarkan berbagai macam issue.
Oleh karena itu penting agar masyarakat Indonesia tidak mudah terpecah belah hanya karena issue yang kebenarannya masih belum bisa dipastikan. Dengan menjaga toleransi dan memiliki sikap tenggang rasa maka Anda sudah bisa berkontribusi dalam menjaga kedaulatan bangsa.

Baca Juga: Siapa negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia?

3. Menghindari hoax dan ujaran kebencian

Hoax atau berita bohong adalah sumber terjadinya perpecahan. Pun begitu dengan kalimat – kalimat yang berisi tentang ujaran kebencian. Oleh sebab itu dalam mengamalkan nilai – nilai pancasila dan agar perilaku kita sebagai bangsa Indonesia yang baik tercermin sebagai bangsa yang selalu berusaha mempertahankan kemerdekaan bangsa maka hoax dan kalimat ujaran kebencian harus dihindari apapun alasannya.

4. Belajar dengan tekun dan rajin

Jika posisi Anda masih sebagai pelajar, belajar dengan tekun dan rajin juga menjadi salah satu sikap dan perilaku yang dapat mencerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan NKRI. Semakin tekun dan rajin belajar maka akan semakin pandai sehingga nantinya Anda berpotensi untuk menjadi orang yang sukses di masa yang akan datang.
Kesuksesan Anda tentu akan sangat bermanfaat bagi bangsa dan negara di masa yang akan datang. Jadi kejarlah cita – cita setinggi mungkin dan jangan pernah patah semangat!

5. Tidak melakukan Bullying

tidak bully

Indonesia adalah negara yang memiliki banyak suku, ras, budaya dan agama yang berbeda. Oleh sebab itu akan sangat baik jika sebagai warga negara Indonesia, Anda tidak melakukan perilaku bullying apapun perbedaan di sekitar Anda.
Entah itu membully orang yang berbeda suku, berbeda agama, berbeda ras, atau status sosial. Rasa saling menghargai dan tenggang rasa harus dimiliki karena hal tersebut yang dicontohkan oleh para pendiri bangsa.


Itulah berbagai perilaku yang mencerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan NKRI. Semoga informasi yang kami bagikan di atas menjadi ulasan yang bermanfaat dan jaga selalu nama baik bangsa dengan sikap dan perilaku kita.

Jaka Darmawan

Jaka Darmawan

sikancil anak nakal suka mencuri mentimun. Ingin tahu hasil kerja Jaka? Yuk kunjungi Portofolio Jaka

Artikel Lainnya