7 Podcast Tentang Sejarah yang Wajib Didengerin

Indonesia sekarang lagi ngetrend platform media baru. Banyak orang mulai mencoba dengerin yang namanya podcast. Sebenarnya ini bukan barang baru, di luar negeri sudah banyak sekali pilihan podcast. Kemajuan teknologi membuat akses podcast menjadi lebih mudah. Kita bisa mendengarkan apa saja, kapan saja, dan di mana saja. Podcast menyediakan beragam topik bahasan. Mulai dari yang santai hingga serius, mulai dari hiburan hingga pendidikan. Entah kamu memang suka sejarah atau sekedar nyari topik baru untuk didengerin, beberapa podcast dengan pembahasan sejarah ini tidak ada salahnya untuk dicoba.

Berikut rekomendasinya,

1. JAS MERAH

Cover podcast Jas Merah
sumber: podcast.kaskus.co.id

Salah satu kutipan yang terkenal dari Presiden Soekarno ialah Jangan Sekali-Sekali Meninggalkan Sejarah atau sering disingkat dengan JAS MERAH. Singkatan ini kemudian dipinjam oleh KASKUS untuk dijadikan nama podcast mereka. JAS MERAH bisa jadi pilihan bagi yang cuman ingin dengerin podcast-podcast pendek tentang fakta sejarah. Durasi rata-rata tiap episodenya berkisar 5-15 menit. Topik pembahasan yang ada di podcast mereka berasal dari thread-thread yang ada di forum kaskus.

Coba dengerin episode: Perjanjian Tordesillas, Antara Portugis & Spanyol

 

2. Hipotesa

cover podcast: Hipotesa
sumber: @hipotesamedia (instagram)

Hipotesa sebenarnya merupakan salah satu kanal Youtube asal Indonesia yang memberikan pengetahuan mengenai politik, sosial dan ekonomi. Hipotesa menjelaskan secara sederhana dan jelas mengenai peristiwa yang terjadi di masa lalu serta peristiwa di masa sekarang. Podcast ini dibawakan dengan format dokumenter. Namun, ada pula beberap episode dengan format diskusi.

Coba dengerin episode:  Sejarah Ganyang Malaysia

3. Kata Benda

cover podcast Kata Benda
sumber: spotify.com

Selalu ada cerita di balik benda-benda. Kata Benda diproduksi oleh Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia. Ada sedikit perbedaan dengan podcast yang lain. Kata Benda memiliki format sebuah diskusi tanya jawab dengan narasumber terpercaya. Pendengar tidak hanya disajikan mengenai sejarah saja tapi ada juga makna, nilai, dan filosofis dibalik sebuah kebudayaan materi.
Coba dengerin episode:  Nenek Moyang Kita Membuahi Para Naga

 

4. Sidedoor

cover podcast sidedoor
sumber: www.si.edu/sidedoor

Sidedoor diproduksi oleh Smithsonian, sebuah institusi museum dan pendidikan di Amerika Serikat. Di podcast ini kita akan mendengarkan cerita menarik dari beragam benda ataupun suatu peristiwa sains, politik, sosial atau ekonomi. Sidedoor menyuguhkan narasi dan fakta menarik dari sebuah koleksi museum yang tidak pernah kamu dengar sebelumnya. Para peneliti sains, sejarah, arkeologi akan membantu pendengar untuk memahami cerita-cerita yang dibawakan.
Coba dengerin episode: The Worst Video Game Ever?

 

5. Revisitionist History

cover podcast Revitionist History
sumber: pushkin.fm

Bagi penyuka sejarah podcast ini tak bisa dilewatkan. Podcast ini dipandu oleh Malcolm Gladwell, seorang jurnalis dan penulis buku best seller. Pendengar akan diajak melihat kembali peristiwa di masa lalu yang seringkali diabaikan atau disalahartikan. Gladwell tidak hanya menyajikan kronologi sejarah, Ia mencoba menginterpretasi ulang suatu peristiwa, orang, atau gagasan di masa lalu karena sometimes the past deserves a second chance.

Coba dengerin episode: McDonald’s Broke My Heart

 

6. LORE

Sumber: spotify.com

Lagi mencari dongeng sebelum tidur? atau senang dengan cerita mitos? Coba dengarkan podcast LORE. Lore menyajikan cerita tragis dan suram dari berbagai peristiwa, orang, ataupun tempat. Pendengar diajak untuk mengeksplor “dark history” di seluruh dunia. Cerita yang disajikan merupakan cerita nyata dan fakta walaupun terkadang sulit dipercaya bahwa hal tersebut benar benar terjadi. Didukung oleh efek suara yang ciamik, mendengarkan Lore akan membuat suasana menjadi “creepy” bisa jadi malah gak jadi tidur.

Coba dengerin: Echoes 

 

7. Throughline

cover podcast throughline
sumber: www.npr.org

Tahun 2020 ramai pemberitaan terbunuhnya jenderal militer Iran, Qasem Soleimani oleh Amerika Serikat. Hal ini membuat konflik kedua negara kembali memanas. Tapi sebenarnya mengapa Iran dan Amerika bisa terlibat konflik? Untuk tahu jawabanya kita bisa mendengarkan podcast Throughline. Throughline akan mengajak pendengarnya ke masa lalu untuk memahami fenomena yang dihadapi saat masa sekarang, seperti penciptaan konsep ras manusia, penyebab adanya Islam Sunni dan Syiah atau alasan Korea Utara dan Korea Selatan bisa terpisah. Di podcast ini kamu akan mendapatkan jawaban dari akar permasalahan atas fenomena yang kita temui hari ini. Sebagaimana dengan taglinenya “Were we go back in time, to understand the present”.

Coba dengerin: Rules of Engagement

Oke, itulah 7 rekomendasi podcast tentang sejarah yang bisa kalian coba dengerin. Mungkin bagi yang lagi ngerasa pusing sama hiruk pikuk di masa sekarang atau lagi merasa disconnected bisa coba “jalan-jalan” ke masa lalu dengan cara dengerin podcast. Selamat mendengarkan!

Baca juga: Beberapa Rekomendasi Akun Instagram tentang Sejarah dan Arkeologi yang Wajib Kamu Ikuti!

Azmi Gagat

Azmi Gagat

Senang membaca dan menulis mengenai sejarah, budaya, dan, arkeologi.

Artikel Lainnya