Putih-Triwarna Seragam Sekolah Indonesia

Halo, teman cerita! Pendidikan dasar enam tahun, pendidikan menengah pertama tiga tahun, lalu pendidikan menengah atas maupun kejuruan selama tiga tahun. Selain durasi waktu dan materi yang diberikan berbeda, kira-kira apa ya perbedaan lainnya? Yap, hal yang berbeda adalah seragam sekolah yang digunakan. Seragam sekolah Indonesia pada setiap jenjang memiliki warnanya masing-masing, skala cerita menyebutnya Triwarna Seragam di Indonesia. Pemilihan warna seragam sekolah di Indonesia ini bukan semata-mata tanpa arti loh, teman cerita.

Menurut catatan sejarah, para pelajar di Indonesia sudah mengenakan seragam sejak masa kolonial Belanda. Tentu saja bentuknya berbeda. Kira-kira mengapa Indonesia melanjutkan tradisi para pelajar untuk memakai seragam, ya?

Pemakaian seragam untuk para pelajar dari tingkat sekolah dasar sampai menengah atas mulai diatur oleh pemerintah. Pada tahun 1982 terbit Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 52 tanggal 17 Maret. SK ini memuat tentang kewajiban untuk berseragam bagi seluruh pelajar di Indonesia. Setiap jenjang ditandai dengan warna yang berbeda-beda. Ada putih-merah, putih-biru, dan putih-abu-abu. Apa sih maksud dari warna-warna tersebut? Simak cerita selengkapnya, ya!

Putih-Merah Kebahagiaan, Makna Seragam Sekolah Indonesia Dasar

Seperti yang pernah teman cerita alami, tingkat sekolah dasar rata-rata ditempuh paling lama enam tahun dan memiliki warna seragam yaitu putih-merah. Perpaduan atasan putih dengan bawahan merah, konon dapat menggambarkan anak-anak pelajar sekolah dasar (SD) yang penuh dengan energi, semangat, keceriaan serta kebahagiaan. Tentu itu semua adalah suatu harapan yang disematkan untuk pelajar tingkat ini.

seragam sekolah indonesia putih merah
Seragam Sekolah Dasar (Sumber : Merdeka.com)

Warna merah sendiri memiliki harapan lain dalam pembelajaran, yaitu untuk mendorong pelajar memiliki hasrat atau antusias dalam bersekolah dan juga belajar dengan rajin. Teman cerita, bagaimana masa sekolah dasar kalian? menyenangkan bukan?

Putih-Biru Kepercayaan Diri, Makna Seragam SMP

Tingkat sekolah menengah pertama merupakan jenjang lanjutan setelah menghabiskan waktu enam tahun di sekolah dasar. Jenjang ini membutuhkan waktu rata-rata tiga tahun. Perpindahan jenjang ini bakal membuat suasana baru di setiap pelajar di Indonesia.

Seragam sekolah menengah pertama yang berwarna biru bermakna kepercayaan diri. Harapannya, para pelajar di tingkat ini akan memiliki kepercayaan diri dalam menjalani kehidupan di tingkat lanjutan ini.

seragam sekolah indonesia putih biru
Seragam Sekolah Menengah Pertama (Sumber : Kompas.com)

Maknanya hanya itu saja? Tentu tidak. Makna lainnya adalah untuk menggambarkan keahlian dalam berkomunikasi yang tentunya akan mengembangkan kepercayaan diri yang diharapkan pada pelajar-pelajar SMP ini. Keahlian berkomunikasi yang baik tentunya sangat dibutuhkan untuk kehidupan sekolah maupun kehidupan sosialnya. Komunikasi yang baik ini dimulai dengan berinteraksi dengan teman, guru, keluarga dan orang-orang sekitarnya.

Hehe, biasanya pada jenjang ini mulai muncul roman-roman cinta monyet, nih. Bukan begitu, teman cerita?

Putih Abu-abu Kedewasaan, Makna Seragam SMA/K

Sekolah menengah Atas (SMA), merupakan jenjang tertinggi sebelum universitas bagi para pelajar di Indonesia. Pada jenjang ini membutuhkan waktu rata-rata tiga tahun, setelah melewati tiga tahun di sekolah menengah pertama (SMP).

Seragam di SMA ini berwarna abu-abu. Warna abu-abu melambangkan peralihan dari warna hitam menuju putih, makna implisitnya dari remaja menuju tingkat dewasa. Nah karena ini, warna abu-abu merupakan lambang dari kedewasaan dan juga ketenangan. Hal ini sesuai jika melihat kondisi umur serta psikologis para siswa SMA.

Seragam Sekolah Menengah Atas (Sumber : Jatimtimes.com)

Harapan yang disematkan melalui seragam abu-abu kepada pelajar SMA ini adalah untuk mendorong agar pelajar memiliki perbuatan dan pemikiran yang dewasa. Warna yang memiliki kesan tenang ini juga dapat membuat pelajar berkonsentrasi dalam menjalankan pembelajaran.

Nah teman cerita, sedikit cerita mengenai triwarna seragam sekolah Indonesia? Teman cerita sudah tahu kan pemilihan seragam di Indonesia tidak semata-mata asal pilih. Setiap warna tersebut memiliki makna filosofis dan pengharapan kepada para pelajar di Indonesia. Seragam juga dapat menjadi identitas pelajar di Indonesia dan pengharapan di setiap jenjangnya. Kalian pasti punya kesan di setiap jenjang itu kan? Tulis di kolom komentar, ya!

Deddy Setiawan

Deddy Setiawan

Bercita-cita menjadi kaya dengan menulis.

Artikel Lainnya