Kenapa Suster Adalah Panggilan Untuk Perawat?

Teman Cerita, pasti udah gak asing kan dengan panggilan “suster”. Iya, itu loh yang biasa bantu ngerawat kalian kalo di rumah sakit. Suster adalah panggilan untuk perawat di rumah sakit. Tapi, kenapa ya mereka dipanggil suster? Memangnya, suster itu artinya apa, sih?

Asal kata Suster

Suster adalah perawat karena ada pengaruh dari budaya Belanda. Ternyata, suster itu asalnya dari kata zuster. Dalam bahasa Belanda, zuster memiliki arti yang sama dengan sister dalam bahasa Inggris. Kata zuster ini biasanya digunakan untuk perempuan sedangkan panggilan untuk laki-laki adalah bruder atau yang punya arti yang sama dengan brother dalam bahasa Inggris. Sister dan brother sendiri dalam bahasa Indonesia bermakna sebagai saudara (sister berarti saudara perempuan dan brother berarti saudara laki-laki).

Awalnya, zuster dan bruder lebih populer di kalangan gereja Katolik. Kedua panggilan ini biasanya digunakan untuk memanggil para biarawati dan biarawan Katolik yang awan atau yang tidak ditahbiskan. Panggilan “zuster” untuk biarawati, sedangkan “bruder” untuk para biarawan. Lalu, gimana bisa ya kita panggil perawat di rumah sakit dengan panggilan ini juga?

Panggilan Suster Adalah Perawat Sejak masa Hindia-Belanda

Sejak zaman dahulu, orang yang terkenal untuk bisa menyembuhkan penyakit disebut sebagai tabib. Tabib cina merupakan salah satu profesi tersebut karena yang menjadi tabib adalah keturunan Cina. Tak jarang, tabib juga disangkutpautkan sebagai perawat.

Dalam kehidupan sehari-hari, seorang zuster dan bruder hidup dalam suatu komunitas dan bekerja dalam pelayanan. Tak hanya terbatas pada pelayanan rohani, tetapi ada juga yang menjadi guru, seniman, koki, termasuk perawat di rumah sakit. Intinya, semua pekerjaan pelayanan dapat mereka pilih sesuai talenta dan bakat yang mereka miliki.

Verpleegster
Ilustrasi perawat pada masa Hindia-Belanda

Banyak zuster dan bruder yang kemudian memilih bekerja sebagai perawat pada masa Hindia-Belanda. Hal ini terjadi karena sebagian besar rumah sakit di Hindia-Belanda didirikan oleh para misionaris dari Belanda. Karena hal itu, banyak zuster dan bruder yang akhirnya bekerja sebagai perawat di banyak rumah sakit tersebut. Dari sini lah, muncul kebiasaan menyebut perawat sebagai zuster (atau ‘suster’ dalam ejaan bahasa Indonesia) dan bruder.

Profesi Perawat

Sekarang kita sudah tau nih kalau ternyata suster adalah bukan perawat. Kalau begitu, sebutan untuk perawat apa dong?

Orang-orang Belanda pada masa Hindia-Belanda menyebut perawat sebagai verpleger atau verpleegster. Kalau orang-orang Indonesia pada zaman itu sih mungkin lebih familiar dengan kata “juru rawat” , “mantri”, atau “dukun”. Namun, seiring berjalannya waktu, istilah verpleger dan verpleegster mulai jarang terdengar. Mungkin karena pelafalan yang sulit juga kali ya bagi lidah masyarakat Indonesia…

Dari salah satu narasumber Skala Cerita yang sekarang berprofesi sebagai perawat, masyarakat awam lebih suka memanggil perawat zaman sekarang dengan “Ners”. Kata “ners” sendiri merupakan kata serapan dari bahasa Inggris “nurse” yang berarti perawat. Kata “ners” ini juga tidak terbatas pada jenis kelamin tertentu sehingga bisa untuk memanggil perawat laki-laki maupun perempuan.

Sebagai gelar profesi, biasanya, gelar Ners menjadi “Ns”. Penggunaan singkatan ini berada di awal nama atau di akhir nama setelah gelar akademik. Misalnya, nama kamu Ners Aci dan merupakan lulusan Sarjana Keperawatan, maka gelar profesimu Aci adalah Ns. Aci, S.Kep. atau Aci, S.Kep., Ns.

Hari Perawat Nasional

Suster
Ilusrasi suster
Sumber: www.cnvvakmensen.nl

Profesi perawat merupakan salah satu profesi yang sangat penting, karena perawat adalah salah satu tenaga medis yang krusial dan dapat membantu meringankan pekerjaan dokter dalam menangani pasien. Untuk itu, profesi perawat perlu kita beri apresiasi nih, Teman Cerita!

Salah satu bentuk apresiasi terhadap profesi perawat adalah lahirnya peringatan Hari Perawat Nasional setiap tanggal 17 Maret. Tanggal ini dipilih karena bertepatan dengan lahirnya Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). Karena tanggal tersebut bertepatan dengan hari ini, maka tim Skala Cerita ingin mengucapkan selamat Hari Perawat Nasional untuk para perawat di Indonesia!

Nah, sekarang kita udah banyak tau nih tentang suster adalah panggilan untuk perawat, sejarah asalnya panggilan suster, sampai bentuk apresiasi untuk para perawat Indonesia juga. Dalam rangka Hari Perawat Nasional, Teman Cerita udah mengucapkan terima kasih belum nih buat para perawat?

Ide Nada

Ide Nada

Ide Nada adalah seorang lulusan arkeologi yang memiliki ketertarikan dengan langit dan kebudayaan

Artikel Lainnya