Obrak Abrik

Inilah Tantangan Makanan Khas Daerah dan Cara Mengatasinya

Seiring dengan semakin banyaknya ide baru dalam dunia kuliner, tentu tantangan makanan khas daerah semakin besar agar mereka dapat bertahan. Sebagaimana yang kita tahu bahwa makanan khas daerah menjadi salah satu identitas dan ciri khas suatu daerah.

Oleh sebab itu sama halnya dengan pakaian adat yang kehadirannya tetap harus diperhatikan, makanan khas daerah juga tak boleh hilang begitu saja. Namun memang di tengah arus informasi yang berkembang semakin pesat seperti sekarang, jika ingin bertahan ada banyak tantangan yang harus dihadapi makanan khas daerah ini. Apa saja?

Baca juga: Inilah 50 makanan khas Indonesia yang wajib kamu coba!

Tantangan Makanan Khas Daerah

Makanan khas daerah menjadi ciri khas dan bagian dari budaya bangsa sehingga kehadirannya harus dilestarikan. Hanya saja memang banyak tantangan makanan khas daerah jika ingin dilestarikan di tengah semakin banyak dan maraknya makanan – makanan modern atau bahkan makanan dari luar yang dibawa ke Indonesia.
Adapun beberapa aspek yang menjadi tantangan dalam pelestarian makanan khas daerah terdiri atas :
1. Keterbatasan informasi tentang suatu makanan daerah
2. Keterbatasan ilmu pengetahuan untuk mengelola bisnis makanan daerah secara lebih profesional
3. Banyak industri makanan tradisional atau nusantara yang sebenarnya sangat prospektif namun masih dijalankan sebagai bisnis rumahan saja sehingga potensi perkembangannya tidak signifikan dan bisa bubar kapan saja.
4. Akses dana bagi para pelaku industri makanan daerah masih sangat minim karena ketidaktahuan, penyebaran informasi yang kurang merata atau pemenuhan syarat yang tidak bisa dicapai.

Tantangan makanan khas daerah biasanya selalu berputar-putar ke situ-situ saja.

Baca juga: Kuliner legendaris Jakarta yang bisa kamu masukkan ke dalam wishlist!

Cara Mengatasi Tantangan Makanan Khas Daerah

Oleh sebab itu kesadaran tentang melestarikan makanan khas daerah harus dimiliki generasi muda karena merekalah yang dapat menyelamatkan salah satu unsur budaya daerah ini. Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan dalam melestarikan makanan khas daerah terdiri atas :

1. Mengadakan pameran makanan khas daerah

Pameran makanan khas dari berbagai daerah yang ada di Indonesia wajib digelar. Acara ini dapat memperkenalkan masyarakat tentang makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia. Dengan adanya pameran ini, masyarakat juga bisa tahu, mengenal dan bahkan mencoba merasakan cita rasa makanan dari berbagai daerah.

2. Memodifikasi makanan khas tanpa mengurangi identitasnya

Inovasi memang salah satu hal yang paling dibutuhkan saat ini agar generasi muda tidak bosan dengan cita rasa makanan yang itu – itu saja. Untuk membuat generasi muda mencintai makanan khas daerah, cara ini juga bisa dilakukan.
Anda yang pandai atau lihai dalam mengelola masakan bisa menciptakan inovasi terhadap cita rasa makanan khas daerah dari segi varian rasa atau packaging sehingga bisa lebih bersaing di pasaran.

Baca juga: Apa itu laksa betawi dan sejarah kuliner mie dari negeri Tiongkok!

3. Mengedukasi generasi muda dan anak – anak tentang pentingnya melestarikan masakan khas agar tetap eksis

Sosialisasi harus dilakukan dalam rangka memberi edukasi terhadap generasi muda untuk lebih mencintai masakan dari daerah sendiri daripada mengagumi masakan negara lain. Dengan sosialisasi yang tepat, tentu saja generasi muda akan jauh lebih mengerti betapa pentingnya melestarikan makanan khas.

Baca juga: Sejarah roti buaya sebagai kisah cinta muda-mudi Betawi!

4. Mengajarkan ilmu membuat makanan khas daerah pada generasi muda

Tak kenal maka tak sayang. Oleh sebab itu pengenalan beserta informasi tentang cara membuatnya harus diberikan oleh generasi orang tua kepada generasi muda. Ketika generasi muda sudah bisa dan paham bagaimana resep atau cara pembuatan makanan khas daerah tersebut, mereka bisa menyalurkan atau menyebarkannya di kemudian hari sehingga makanan khas daerah tidak punah.

Baca juga: Nikmatnya Roti Tan Ek Tjoan yang sudah melegenda!

Terlebih saat ini masih sangat jarang orang yang menjual makanan khas daerah tertentu sehingga tentu saja menjual makanan khas suatu daerah dapat menjadi ide bisnis yang sangat menguntungkan.
Itulah berbagai hal penting yang berkaitan dengan tantangan makanan khas daerah yang penting Anda tahu dan pahami. Pastikan Anda menjadi bagian yang melestarikan makanan khas daerah Anda.

Baca Juga: Makanan Khas Betawi yang Masih Eksis Sampai Sekarang

Jaka Darmawan

sikancil anak nakal suka mencuri mentimun. Ingin tahu hasil kerja Jaka? Yuk kunjungi Portofolio Jaka

Gimana nih komentarnya?

Artikel Terbaru

Kue Kudapan Khas Betawi

Halo teman cerita! Jakarta mempunyai suku asli yaitu suku Betawi. Tentu setiap suku memiliki keunikannya sendiri, tidak terlepas keunikan kulinernya… Baca Selengkapnya

5 jam Lalu

Bagaimana Sikap Menghargai Kebudayaan Daerah

Sebagai negara yang memiliki ragam daerah luas tentu saja kebudayaan daerah Indonesia sangat beragam, lantas bagaimana sikap menghargai kebudayaan daerah… Baca Selengkapnya

1 hari Lalu