Cerita Lama

Meninjau Tujuan Jepang Memberikan Janji Kemerdekaan kepada Indonesia

Halo, teman cerita! Sudah bulan Agustus nih. Bulan ini menjadi spesial karena terdapat peristiwa lahirnya bangsa Indonesia. Ya benar, hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus Tahun 1945, bansa Indonesia sedang berada dibawah kekuasaan Jepang, loh. Pernah suatu saat Jepang berjanji untuk memerdekakan Indonesia. Tujuan jepang memberikan janji kemerdekaan kepada indonesia adalah sebuah keputusan yang memiliki makna tersirat di dalamnya. Mau tau tujuan tersebut? yuk menyelam lebih dalam di tulisan ini.

Indonesia dalam Perpindahan Kependudukan Kekuasaan

Sebelum menggali tujuan Jepang dalam memberikan kemerdekaan Indonesia, skala bakal membahas sedikit tentang keberadaan Jepang di Indonesia.

Bermula pada penyerahan Belanda tanpa syarat pada tanggal 8 maret 1942 dari Jendral Terpoorten kepada Hitoshi Imamura di kalijati Jawa Barat menandakan berakhirnya kekuasaan Hindia Belanda di wilayah Indonesia, sebab itu Indonesia memasuki babak baru dalam sejarahnya.

Pendudukan Jepang di Indonesia banyak yang menganggap sebagai masa yang paling memprihatinkan, hal ini ditandai dengan berlakunya Romusha, kelaparan dan berbagai pemaksaan dalam kegiatan perang. Jepang menempatkan pasukan angkatan darat dan angkatan lautnya untuk memerintah Indonesia setelah resmi menduduki Indonesia.

Indonesia – Jepang (Sumber : asiatoday.id)

Pemerintahan militer Jepang berbeda dengan masa Hindia Belanda loh. Pada zaman Hindia Belanda hanya terdapat satu pemerintahan sipil, tetapi pada masa pemerintahan Jepang terdapat tiga pemerintahan militer, yaitu pemerintahan angkatan darat 25 untuk wilayah Sumatra, angkatan darat 16 untuk wilayah Jawa dan Madura, dan angkatan laut untuk wilayah Kalimantan dan Indonesia Timur.

Tujuan Jepang Memberikan Janji Kemerdekaan kepada Indonesia

Pemerintahan militer tentunya memiliki kebijakan atas daerah penduduknya. Kebijakan ini tentunya yang memulai Jepang untuk memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia loh teman cerita!

Kebijakan yang dilakukan oleh Jepang Indonesia tidak jauh dengan kaitannya kemenangan peperangan di Pasifik. Dasar dari kebijakan tersebut mempunyai dua prioritas. Pertama, menghapus pengaruh Barat dan Kedua, memobilisasi rakyat Indonesia demi kemajuan.

Perang Pasifik (Sumber : kebudayaan.kembdikbud.go.id)

Dalam memperlancar pelaksanaannya Jepang mengangkat pemimpin-pemimpin rakyat, baik pemimpin-pemimpin agama, guru dan pemimpin nasionalis. Selain itu pemerintah Jepang juga merangkul pemimpin Islam dan para priyayi, Jepang menyadari bahwa mayoritas di Indonesia memeluk agama Islam.

Pendudukan Jepang yang saat itu memerlukan banyak sumber daya manusia untuk melawan sekutu membuat pembukaan kesempatan bagi pemuda-pemuda untuk menjadi prajurit.

Gerakan Pemuda diberi prioritas tinggi dan dibawah pengawasan ketat pihak Jepang langsung. Setelah organisasi terbentuk mereka semua diberi latihan dasar yang sama dengan serdadu Jepang seperti baris berbaris, taktik menggunakan senjata dan taktik berperang.

Pada akhirnya sekutu dapat menguasai dan mendesak tentara Jepang dalam perang Pasifik. Bermula dari hal tersebut Jepang mulai banyak memberikan konsesi kepada Indonesia baik di bidang politik maupun militer.

Percik Kemerdekaan

Bidang politik Jepang dalam menarik simpati rakyat mengizinkan dikibarkannya bendera merah putih, dikumandangkannya lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilarangnya pemakaian bahasa Belanda serta adanya pembentukan BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) dan PPKI (Panitia persiapan Kemerdekaan Indonesia).

Konsesi tersebut merupakan realisasi dari janji kemerdekaan. Meskipun tidak berbeda dari watak kolonialisasi, sistem pemerintahan masa Jepang juga menerapkan dominasi politik yaitu melarang dan membubarkan pergerakan-pergerakan rakyat dan juga melakukan eksploitasi ekonomi serta penetrasi budaya sampai penindasan.

Namun demikian dalam kebijakan politik sangat bermanfaat bagi rakyat Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Teman Cerita, sudah mengerti kan bahwa tujuan jepang memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia adalah untuk memperkuat Jepang dalam perang pasifik. Itu merupakan dinamika-dinamika dalam kemerdekaan Indonesia juga loh teman cerita. Simak cerita lainnya di Skala Cerita, ya!

Deddy Setiawan

Bercita-cita menjadi kaya dengan menulis.

Gimana nih komentarnya?

Artikel Terbaru

Kue Kudapan Khas Betawi

Halo teman cerita! Jakarta mempunyai suku asli yaitu suku Betawi. Tentu setiap suku memiliki keunikannya sendiri, tidak terlepas keunikan kulinernya… Baca Selengkapnya

17 jam Lalu

Bagaimana Sikap Menghargai Kebudayaan Daerah

Sebagai negara yang memiliki ragam daerah luas tentu saja kebudayaan daerah Indonesia sangat beragam, lantas bagaimana sikap menghargai kebudayaan daerah… Baca Selengkapnya

2 hari Lalu