Tiga Tur Virtual untuk Kamu yang Masih Parno Jalan-jalan

Halo teman cerita. Kamu sadar gak sih ternyata kita sudah hampir satu tahun menghadapi pandemi covid-19 di Indonesia. Kami tau kamu pasti kangen sekali jalan-jalan, kan? Sebagian mungkin sudah memberanikan diri untuk bertamasya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Sebagian dari kita juga masih ada yang takut untuk keluar rumah dan pergi liburan.

Nah, bagi yang masih takut liburan, kami sudah menyiapkan tiga tur virtual untuk kamu yang masih parno buat jalan-jalan. Siapa tau tur virtual ini bisa jadi hiburan kamu, atau justru jadi beneran mau ke sana setelah pandemi mereda. Langsung aja di simak, ya!

1. Tur Virtual Arkeologi Indonesia

tur virtual arkeologi

Siapa di sini yang belum pernah ke situs Gua Harimau, Trowulan, atau ke Maros Pangkep? Kalo belum, kamu harus berkunjung ke website ini. Situs ini dibuat oleh Rumah Peradaban Pusat Arkeologi Nasional loh! Di website ini kita bisa melakukan tur virtual ke banyak situs. Website yang baru dirilis pada bulan Februari 2021 ini menawarkan beberapa situs arkeologi yang bisa kita kunjungi

Tur pertama adalah kawasan Trowulan. Di sini kamu bisa mengunjungi beberapa situs peninggalan kerajaan Majapahit seperti situs Klinterejo 1, Gapura Wringin Lawang, Candi Brahu, Candi Gentong 1, Kolam Segaran, Situs Umpak Segi Delapan, Situs lantai segi enam, Gapura Bajang Ratu, Sumur Upas dan Candi Kedaton

Tur kedua yang ditawarkan adalah keliling kawasan Maros-Pangkep di Sulawesi Selatan. Di Kawasan ini terdapat perbukitan karst yang menyimpan salah satu bukti tertua eksistensi manusia di bumi, yaitu gambar cadas. Gambar cadas yang berada di kawasan Maros-Pangkep sangat beragam bentuknya, seperti babi hutan dan babi rusa, anoa, unggas, ikan, gurita, figur manusia, perahu, bentuk geometris, serta cap tangan. Di tur ini kamu bisa mengunjungi Leang Bulu Sipong 4, Leang Jing, Leang Lompoa, Leang Sumpang Bita, dan Leang Timpuseng.

Tur yang ketiga adalah Situs Gua Harimau di Sumatera Selatan. Situs ini merupakan situs pekuburan pra-sejarah yang sangat luas. Hingga saat ini, setidaknya lebih dari 80 orang dimakamkan di ini. Selain itu, terdapat ribuan artefak dari masa pra-sejarah yang juga ditemukan di situs ini. Penasaran? Kamu bisa mulai turnya melalui tautan di atas ya.

Supaya lebih asyik, kamu bisa menikmati tur virtual ini menggunakan kacamata VR untuk mendapatkan pengalaman yang maksimal.

2. Tur Virtual ke Petra, Yordania

petra

Petra adalah situs arkeologi yang berada di Yordania. Situs Petra terkenal dengan banguan-bangunan yang dipahat di atas tebing-tebing batu. Petra dibangun lebih dari 2.000 tahun yang lalu oleh suku Nabatea. Menurut UNESCO, situs Petra merupakan salah satu bukti penting peradaban manusia dan telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia sejak tahun 1985.

Destinasi pertama adalah Al-Siq. Al-Siq adalah celah sempit yang menjadi jalan masuk ke Petra. Setelah keluar dari Al-Siq pengunjung akan langsung melihat bangunan yang megah bernama Al Khazneh. Bangunan ini awalnya berfungsi sebagai mausoleum dan tempat penyimpanan.

Selain dua tempat tersebut masih banyak situs bangunan-bangunan lain yang bisa kamu kunjungi. Penasaran? Silahkan klik tautan ini untuk mulai. Tur virtual ini juga dilengkapi dengan audio guide, jadi kamu bisa fokus menikmati keindahan kota Petra, deh.

3. Pameran virtual : From the East Indies to the Founding of Singapore, 1600s–1819

An Old New World

Museum-museum di Singapura memang tidak kehabisan ide untuk membuat sebuah pameran temporer yang dapat memukau pengunjungnya. Pameran bertajuk An Old New World: From the East Indies to the Founding of Singapore, 1600s–1819 diadakan mulai tanggal 21 September 2019-29 Maret 2020 di National Museum of Singapore.

Pameran ini bercerita bagaimana asal mula Singapura. Sebelum masuk ke dalam pameran kita disuguhkan dengan video animasi saat armada kapal pertama milik Perusahaan Hindia Timur Britania berlabuh di Singapura. Setelah video animasi kita bisa masuk ke dalam ‘ruang pameran’ dan mulai menjelajah.

Dalam pameran virtual ini mereka membuat empat versi tur yang bisa kamu ikuti loh. Silahkan klik tautan ini untuk mengikuti turnya.

Nah itu tadi tiga tur virtual buat teman cerita yang masih parno jalan-jalan ke luar rumah. Kalo jalan-jalannya masih kurang, kamu bisa baca 5 Rekomendasi Virtual Museum Buat Kencan Virtual Kamu. Selamat mencoba!

Danang Aryo

Danang Aryo

Suka fotografi dan jalan-jalan. Danang juga tertarik dalam dunia digital, seni, sejarah, dan budaya. Ia pernah beberapa kali terlibat dalam pengembangan museum di Indonesia.

Artikel Lainnya