Upaya Rakyat Indonesia Melawan Penjajahan

Halo teman cerita!

Indonesia dulu bukan merupakan sebuah negara kesatuan seperti saat ini. Namun, karena merasakan penjajahan masyarakat Indonesia pun bersatu dalam melawan penjajahan. Bagaimana upaya segenap rakyat indonesia dalam melawan para penjajah?
Mari kita kupas di artikel ini!

Penjajahan dan Penderitaan

Dibawah Belanda, banyak hal yang dilakukan dalam menjajah Indonesia. Hal tersebut seperti kerja rodi, tanam paksa, monopoli perdagangan oleh Belanda dan banyak hal lainnya. Selain itu diskriminasi rasial pun menambah ketegangan antara penjajah dan rakyat. Hal ini menyebabkan penderitaan pada rakyat Indonesia dan berusaha untuk melakukan perlawanan.

Selama ini perlawanan selalu dilakukan kedaerahan dan tidak pernah berbuah hasil. Perlawanan terhadap penjajahan pun berubah seiring berjalannya waktu, di mulai dari dalam negeri maupun luar negeri.

Mulainya Perlawanan Sebagaimana Upaya Segenap Rakyat Indonesia dalam Melawan Para Penjajah

Perlawanan di daerah sudah lama dilakukan oleh para pahlawan tetapi perjuangan ini dengan mudah dipatahkan Belanda. Semakin modern perlawanan dilakukan oleh para kaum intelektual mulai dari Budi Utomo hingga Max Havelaar. Perlawanan tidak hanya dilakukan di dalam negeri tetapi di luar negeri pun banyak melakukan perlawan melalui karya.

Perlawanan intelektual inilah yang memicu adanya persatuan antar daerah untuk melawan penjajah. Munculnya organisasi nasional seperti Budi Utomo, Sarekat Islam, Indische Partij yang menyebarkan nasionalisme di Indonesia. Organisasi ini membawa berbagai paham baru dari Eropa seperti nasionalisme, liberalisme dan lainnya. Selain itu, banyaknya gerakan anti kolonialisme muncul di Asia dan Afrika yang mendorong Indonesia untuk merdeka.

Munculnya Jepang dan Kemerdekaan

Berbagai organisasi yang muncul pun tidak menjamin Indonesia dapat merdeka dengan cepat. Perang dunia II pun membawa banyak perubahan di Indonesia. Jepang sebagai negara Axis pun mulai merebut negara jajahan Eropa di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Jepang juga banyak menjanjikan kemerdekaan untuk menarik simpati negara di negara – negara ini. Indonesia juga tertarik pada janji ini dan berusaha membantu Jepang untuk memenangkan perang.

Kekalahan Jepang menyadarkan Indonesia untuk segera mengumumkan kemerdekaan. Indonesia khawatir Belanda akan kembali dan berusaha menguasai Indonesia lagi. Setelah deklarasi kemerdekaan pun Belanda tetap datang dan berusaha menguasai Indonesia kembali. Perang pun pecah di Indonesia untuk melawan Belanda dari agresi pertama hingga kedua. Pada akhirnya Belanda harus mengakui kemerdekaan Indonesia setelah melalui konflik yang panjang dan tekanan dari negara lain.

Perlawanan rakyat Indonesia sudah dimulai sejak negara Eropa singgah di Indonesia. Perlawanan pada akhirnya efektif jika menggunakan diplomasi yang handal, bukan hanya perlawanan fisik. Indonesia bisa merdeka karena perjuangan baik fisik maupun diplomasi. Kemerdekaan Indonesia bukan hanya milik satu golongan tetapi milik seluruh rakyat Indonesia. Begitulah sekilas cerita soal bagaimana upaya segenap rakyat indonesia dalam melawan para penjajah. Menurut kamu hal apa sih yang bisa dilakukan buat merdeka? Tulis di kolom komentar ya!

Ikhsan Kamil

Ikhsan Kamil

Mahasiswa komunikasi Unpad yang hobinya desain dan baca penelitian sejarah. Menulis karena mengikuti nasihat sang guru.

Artikel Lainnya