5 Rekomendasi Virtual Museum Buat Kencan Virtual Kamu

Teman cerita, Di masa pandemi gini pastinya bosen kalo di rumah cuma dipakai buat kerja, kerja, kerja! Pastinya bosen juga kalo waktu kamu hanya untuk scroll timeline sosmed atau nyemplung di internet sepanjang waktu. Kalo kamu udah mulai bosen nonton drakor atau baca komik mungkin jalan-jalan bisa jadi solusinya!

Ya ini bukan jalan-jalan kayak biasanya keluar rumah tapi jalan-jalan virtual ke museum untuk menghindari virus-virus. Pastinya kamu jadi lebih hemat karena ga harus keluar biaya tes kesehatan. Selain itu, jalan virtual ke museum-museum ini juga bisa kamu pakai buat ngajak gebetan atau pacar kamu keluar dari kamar sejenak biar ga penat di rumah aja.

Pada masa pandemi ini Google Arts and Culture bekerja sama dengan lebih dari 2500 museum dan galeri di seluruh dunia agar semua orang bisa menikmati tur keliling museum secara virtual. Google juga menyediakan jasa ini secara gratis agar orang-orang bisa berkeliling walau di masa pandemi ini.

Tentunya rekomendasi kami pun pastinya museum yang keren dan terkenal dari berbagai belahan dunia. Seperti British Museum dan museum lainnya di seluruh dunia agar kamu tetap fresh walaupun di rumah aja. Jika kamu palajar tentunya ini wisata interaktif buat kamu yang bosan belajar secara online karena tentunya museum ini interaktif banget buat kunjungan online.

Berikut beberapa rekomendasi museum yang asik buat kamu kunjungi.

1. British Museum, London

Museum paling ikonik di Inggris ini punya ribuan koleksi dari berbagai belahan dunia. Museum ini menampilkan juga pameran tematik mengenai Mesir yang bercerita tentang Firaun dan menampilkan berbagai artefaknya seperti batu rosetta. Banyak sekali fitur yang disediakan museum ini untuk melengkapi rasa penasaran kamu. Mereka menyediakan Channel Youtube serta Podcast yang bisa bikin kamu lebih tahu tentang museum ini. Selain itu, Google Culture and Arts pun membantu kamu untuk melihat pameran secara nyata dengan teknologi virtual reality yang bisa kamu nikmati di aplikasi mereka. Kalau kamu tertarik berkunjung, kamu bisa klik tautan yang ada disini.

2. National Museum of Modern and Contemporary Art, Seoul

Beralih ke Negara Korea Selatan, kita punya National Museum of Modern and Contemporary Art atau MMCA di Seoul, Korea Selatan. Museum ini menyediakan berbagai karya kontemporer buatan para seniman Korea yang bentuknya berupa lukisan atau foto terdapat juga beberapa instalasi modern di museum ini. Untuk mengunjungi museum ini kamu bisa klik disini.

3. Musée d’Orsay, Paris

Museum selanjutnya adalah Musee, d’Orsay di Paris yang menampilkan banyak karya seniman Perancis abad ke-18 dan abad ke-19. Kamu bisa menikmati berbagai karya seni mulai dari lukisan hingga patung yang dibuat oleh seniman pada tahun 1848 dan 1914. Kamu juga bisa melihat karya buatan seniman terkenal seperti Monet, Cézanne, dan Gauguin yang pastinya indah banget buat dinikmati berdua bareng gebetan atau pacar kamu. Ayo langsung ke museumnya aja disini.

4. Rijksmuseum, Amsterdam

Selanjutnya di Belanda kita punya Rijkmuseum Amsterdam. Museum ini menampilkan karya seniman Belanda di masa keemasannya pada abad ke-16 dan 17 dimana gaya lukisan yang populer adalah baroque menjadi ciri khasnya. Kamu bisa melihat dua pelukis terkenal di museum ini yakni Rembrandt dan Vermeer yang mempelopori lukisan gaya baroque ini. Banyak juga karya-karya pelukis lainnya zaman keemasan Belanda yang terpampang di museum ini. Melalui lamannya kamu bisa melihat behind the scenes lukisan-lukisan ini mendapatkan pamornya dan juga sejarahnya secara ringkas dan padat. Langsung saja ke tautannya disini.

5. Museum Nasional Indonesia, Jakarta

Terakhir kita punya museum kebanggaan dan terbesar di Indonesia yaitu Museum Nasional atau Museum Gajah yang ada di Jakarta. Museum ini juga menawarkan virtual tur yang bisa kamu akses langsung di lamannya. Virtual turnya tentunya bisa kamu akses juga melalui Google Arts and Culture juga loh. Langsung aja cek kesini.

Nah teman cerita, itulah beberapa museum yang bisa kamu kunjungi buat kencan virtual kamu. Selain murah karena tidak perlu mengeluarkan biaya, kamu juga bisa banyak belajar dan menikmati karya seni yang indah tentunya. Tunggu rekomendasi berikutnya hanya di website kami!

Sumber:

  • https://museumnasional.iheritage.id/
  • https://blog.britishmuseum.org/how-to-explore-the-british-museum-from-home/
  • https://www.rijksmuseum.nl/en/stories/one-hundred-masterpieces
  • https://www.mmca.go.kr/eng/
  • https://artsandculture.google.com/partner
Ikhsan Kamil

Ikhsan Kamil

Mahasiswa komunikasi Unpad yang hobinya desain dan baca penelitian sejarah. Menulis karena mengikuti nasihat sang guru.

Artikel Lainnya